Home / Spiritual / Motivasi Diri / Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 2)

Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 2)

Hal-hal yang membentuk kerpribadian kita yang selanjutnya adalah: 

4. Tempramen Dasar Warisan Orang Tua

Tempramen ini pasti kita miliki dari gabungan kedua orang tua kita. Tempramen ini sulit untuk diubah karena sudah mendarah daging dan tertulis jelas dalam peredaran darah. Bukan hanya fiisk yang mana kita mirip dengan orang tua seperti: rambut, wajah dan suara namun dalam hal sifat. Tempramen dasar sangat berperan dalam membentuk kepribadian. Bentuklah dengan menyesuaikan diri dengan tempramen kita. Buatlah tempramen kita menjadi satu dasar keberhasilan bukan kegagalan.

Contohnya, kita mempunyai tempramen penyedih. Gunakan untuk memandang orang lain yang lebih kekurangan dari pada diri kita maka sifat syukur akan muncul dan akan membantu orang lain yang lebih kekurangan. Sifat sedih yang menjadi beban akan berubah menjadi sebuah motivasi tersendiri. Selain itu, kita akan berubah menjadi orang yang lebih rajin. Maka dari itu, kendalikan tempramen kita dan sesuaikan untuk mengembangkannya.

5. Kebiasaan Hidup 

Kebiasaan hidup merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang selalu kita lakukan sebagai pengisi waktu. Kebisaan ini bentuk dari apa yang diajarkan oleh orang tua atau guru kepada kita. Ada juga yang kita tumbuhkan sendiri.

Kebiasaan hidup mempengaruhi cara kita betindak

Kebiasaan hidup sangat susah untuk diubah karena sifatya menetap. Bisa diubah dengan usaha untuk memperbaiki sedikit demi sedikit untuk pembentukkan kebiasaan yang baru yang lebih maju. Sebelum mengubah kebiasaan hidup, kita harus yakin pada perubahan yang akan kita rancang. Lalu lakukan perubahan itu dengan cara enjoy dan menyenangkan. Jangan sampai perubahan itu menjadi beban maka kamu akan lebih cepat berubah.

Misalnya kita ingin mengubah kebiasaan malas menjadi rajin. Kita lalukan dengan memenuhi jadwal dengan kegiatan yang menantang dan menrik. Secara otomatis semangat akan tumbuh dan cekatan dalam menjalaninya. Maka sifat malas akan hilang dan sifat rajin akan menjadi sifat baru kita.

6. Sifat Dasar Kita

Sifat dasar merupakan bentuk yang peling dasar dalam emosi dan pola pikir atau cerminan isi hati dan perasaan yang nampak dalam perilaku saat kita bersama dan berinteraksi dengan orang lain. Sifat dasar adalah gambaran umum pada diri. Sifat yang khas pada diri kita semenjak masih bayi. Sifat dasar adalah sifat pokok dari sifat-sifat yang kita miliki.

Jika kita ingin mengembang diri atas sifat dasar yang ada, tanyakan kepada orang tua bagaimana sifat kita semenjak masih bayi. Biasanya orang tualah yang mengubah sifat dasar kita namun tidak akan hilang dan tetap tinggal sifat dasar ini di alam bawah sadar kita.

7. Pengalaman Hidup 

Pengalaman hidup akan muncul dari suatu kejadian yang mengesankan yang bisa mengubah kepribadian kita. Contohnya, sebuah penyesalan yang mendorong deegan tekad yang kuat untuk mengubahnya. Pengalaman hidup juga bisa didapat dari melihat dan mendengar orang lain tanpa mengalami secara langsung. Pengalaman hidup biasanya akan meninggalkan berkas emosional dalam diri. Dari emosional itulah akan tinggal dan menetap dalam ingatan lalu masuk ke dalam alam bawah sadar kemudian mengubah diri dan sifat kita tanpa kita sadari.

Sudahkah belajar membentuk kepribadian kita? Lakukan secara bertahap. 

Bersambung … 

About Nastain Achmad

Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Leave a Reply

x

Check Also

Menjadi Motivator Lewat Tulisan

Seseorang yang mampu mengajak orang lain untuk mengikuti apa yang dikatakan itu ...