Situs Saya / Blogging / Trik Agar Artikel Anda Mudah Ditemukan Pembaca

Trik Agar Artikel Anda Mudah Ditemukan Pembaca

Tiap hari ada saja pengunjung baru menambah jumlah pengunjung langganan di blogekstra. Tentunya peluang untuk artikel Anda dapat dibaca mereka sangatlah besar. Hanya saja ternyata minat menulis di blogekstra pun semakin besar. Sehingga persaingan antar sesama penulis blogekstra mengharuskan anda tahu bagaimana trik agar artikel anda mudah ditemukan pembaca.

Perhatian: Artikel ini bukan bahasan mengenai SEO dan masalah teknis lain, tapi lebih ke arah memanfaatkan alur-alur internal yang ada di blogekstra saja.

Kirimkan artikel secara periodik, rutin, sehingga artikel di homepage blogekstra.com maupun di homepage blognya masing-masing (misal keuangan.blogekstra.com) akan selalu tampil salah satu artikel milik anda. Jangan kirim artikel sekaligus banyak lalu kemudian jeda. Bisa saja homepage dipenuhi semua artikel anda, tapi hanya sesaat, sehari misalnya, lalu beberapa hari kemudian artikel hilang dari dari homepage.

Lebih baik kirim artikel secara rutin, misal satu artikel tiap satu atau dua hari. Sehingga pembaca mendapati artikel anda hampir tiap hari ada di homepage.

Berikan tag yang spesifik dan sesuai, tag ini akan digunakan blogekstra untuk mengaitkan artikel dari artikel lain. Misal anda memberikan tag “wisata di sulawesi”, maka jika pada artikel lain terdapat frasa wisata di sulawesi, akan dibuatkan tautan di frasa tersebut menuju artikel anda.

Kaitkan kepada artikel yang berhubungan, sebagai referensi, rekomendasi, pembanding, persamaan, dll. Saat anda menulis artikel baru, dan ternyata terdapat artikel lama yang masih berkaitan, anda dapat memberikan link secara manual kepada artikel tsb.

Buat artikel bersambung untuk bahasan yang butuh uraian yang panjang. Jangan sampai anda menulis hingga 2000 kata, padahal pembaca pun belum tentu sanggup menghabiskannya dalam sekali baca. Lebih membagi artikel setiap 300-400 kata, lalu membuatnya bersambung dan lebih menarik. Jika artikel pertama anda menarik, dijamin pembaca rela menunggu dan kembali berkunjung untuk artikel lanjutannya.

Sering-seringlah berkomentar di postingan penulis lain di blogekstra, berikan komentar yang berbobot ATAU berkenaan dengan isi artikelnya. Dan jangan lupa, jika ada komentar lain yang bersifat bertanya dan belum ada solusi, mungkin bisa dijadikan bahan tulisan selanjutnya.

membuat artikel mudah ditemukanManfaatkan widget artikel populer dan favorit. Artikel yang paling sering dibaca dan artikel yang paling sering dikomentari akan ditampilkan di widget ini. Widget ini tapil di tiap-tiap blog, pada homepagenya di bilah tengah, dan pada halaman lain di bilah kanan.

 

Sebaiknya tiap artikel baru anda disebarkan juga ke teman-teman di sosial media seperti facebook, google+, twitter, dll. Tentu mereka akan lebih senang berkunjung membaca artikel, jika penulisnya adalah teman mereka. Terlebih jika mereka juga ternyata juga member di blogekstra.

Ada trik lain agar artikel mudah ditemukan oleh pembaca? Silahkan berbagi disini ;)

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...