Situs Saya / Panduan / Syarat Artikel Contributor Disetujui Untuk Diterbitkan

Syarat Artikel Contributor Disetujui Untuk Diterbitkan

Saat artikel pertama Anda disetujui untuk diterbitkan di salah satu blog BlogEkstra, maka artinya Anda sudah menjadi Contributor bagi blog tsb. Jadi artikel ini dapat juga dijadikan acuan tentang syarat menjadi seorang Contributor BlogEkstra.

Tentunya sobat BlogEkstra yang membaca panduan kali ini adalah mereka yang belum pernah atau pertama kali mengirimkan artikel. Jadi disini saya anggap semua dengan kondisi yang sama agar panduan lebih terarah.

Panduan saya bagi dua, yang pertama artikel yang bagaimana yang akan diterbitkan di BlogEkstra, dan yang kedua mengenai apa syarat agar artikel pertama Anda dapat diterbitkan di blogekstra. Saya asumsikan semua sudah faham dengan dasar cara menulis dan mengirimkan artikel.

Sekarang kita ke Bagian Pertama, yaitu artikel yang bagaimanakah yang dapat diterima untuk diterbitkan di BlogEkstra

Pada dasarnya semua mengenai konten telah disebutkan di menu Standar Konten BlogEkstra, dapat Anda temukan tautannya di menu footer/bawah blogekstra.com. Namun begitu disini kita ulas kembali agar Anda tidak bolak-balik kesana. Disini hampir sepenuhnya dibahas dari sisi artikelnya, yaitu sbb:

  1. Artikel tidak melanggar Ketentuan BlogEkstra, seharusnya semua member sudah membaca Ketentuan BlogEkstra karena ini merupakan syarat dan kesanggupan saat melakukan pendaftaran.
  2. Memberikan judul artikel yang sesuai, dengan panjang 3 hingga 10 kata.
  3. Panjang artikel tidak kurang dari 300 kata. Anda dapat mengetahuinya saat menulis artikel pada sudut kiri bawah area menulis, atau melalui Ms. Word.
  4. Lolos test duplicate content untuk menjaga kualitas konten, menghindari plagiarisme dan aktifitas copas. Minimum nilai 90% original jika menggunakan tool http://smallseotools.com/plagiarism-checker.
  5. Menyertakan gambar yang berkaitan minimum 1 buah, dengan lebar minimum 300pixel atau setara 8cm.
  6. Memilih kategori yang paling mendekati dari yang disediakan.
  7. Menggunakan bahasa yang difahami mayoritas orang. Jika ada istilah khusus harus disertakan padanan atau artinya.
  8. Boleh berisi kutipan berupa copas dari sumber lain, tapi dengan tetap mengacu pada nomor 4, dan nama sumber harus disertakan.

Untuk artikel pertama yang dikirimkan, tidak cukup dengan syarat diatas saja. Tapi bukan dari sisi artikelnya, jadi silahkan lanjutkan membaca.

Bagian Kedua, yaitu apa saja syarat agar artikel pertama Anda diterbitkan

Tentunya dari sisi artikel, Anda tetap terikat dengan ketentuan di Bagian Pertama. Hanya saja khusus artikel pertama, kami perlu mengesahkan dari sisi penulis. Kami juga ingin pembaca BlogEkstra mengenal penulis dari artikel yang mereka baca.

Saat Anda mengirimkan artikel yang pertama kali, maka kami merespon dengan mengirimi Anda email berisi panduan untuk melengkapi profil penulis. Juga sebagai syarat agar artikel pertama dapat kami terbitkan,  seperti dibawah ini:

  1. Nama profil menggunakan nama asli (username boleh bebas), sunting profil di blogekstra.com/usernameAnda/profile/edit (buka panduan)
  2. Melengkapi avatar (photo profil), bisa Anda sunting di blogekstra.com/usernameAnda/profile/change-avatar (buka panduan)
  3. Menyunting profile penulis untuk ditampilkan di Author Box (buka panduan)
    1. Mengisi info biografi di author box, boleh tentang penulis, hobi atau tentang bisnisnya
    2. Mengisi salah satu profil sosial media di author box, boleh google+, facebook atau twitter
  4. Penulis harus bergabung dengan sosial media BlogEkstra sesuai profil yang diisikan pada nomor 3b
  5. Nomor 1 dan 4 tidak boleh diubah. Nomor 4 boleh diubah dengan catatan hanya jika Anda kehilangan profil sosial media pada nomor 3.1.

Setelah menyunting profil sesuai permintaan, Anda dapat membalas email tersebut sebagai konfirmasi dan pemberitahuan agar artikel pertama Anda segera diterbitkan. Ingat, Bagian Kedua hanya untuk artikel pertama saja. Artikel selanjutnya cukup mengikuti ketentuan Bagian Pertama saja.

Hal ini berlaku untuk masing-masing blog. Misal Anda telah menjadi Contributor blog komputer, maka untuk artikel pertama di blog kuliner Anda tetap harus melalui Bagian Kedua.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

panduan kontes bagi-bagi hadiah blogekstra

Panduan Kontes Bagi-bagi Hadiah (Giveaway) BlogEkstra Terbaru

Kali ini saya akan menjelaskan cara mengikuti kontes atau kompetisi di BlogEkstra ...