Situs Saya / Panduan / Otomatis Mengirimkan Setiap Artikel Terbaru Ke Facebook

Otomatis Mengirimkan Setiap Artikel Terbaru Ke Facebook

Ada beberapa kebiasaan penulis setelah menerbitkan artikel terbarunya. Salah satunya adalah membagikan link artikel tsb ke timeline media sosial miliknya. Termasuk ke salah satu media sosial paling populer di dunia maupun di Indonesia adalah facebook. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara submit artikel terbaru ke facebook secara otomatis. Ya.. artikel karya sendiri ke timeline facebook, baik itu profil pribadi ataupun fanpage.

Alat yang akan digunakan adalah plugin Jetpack, dengan memanfaatkan fitur Publicize-nya. Untuk dapat menggunakan fitur ini anda harus memiliki akun wordpress.com, hanya akun tidak wajib blognya . Jika belum punya, silahkan membuat akun wordpress.com terlebih dahulu. Dan satu lagi, fitur ini hanya dapat digunakan oleh penulis dengan level author dan editor saja, sedangkan cotributor belum bisa.

Ok.. Jika sudah silahkan login ke blogekstra dan buka salah satu blog, dimana anda sudah bergabung menjadi anggota (team penulis) blog ini. Untuk contoh blog kita akan gunakan travelling.blogekstra.com.

wp to fb 1

Jika anda sudah login maka di kotak member area akan ditemukan menu “Auto Submit »” seperti gambar dibawah, klik untuk menuju halaman setting.

wp to fb 2

Untuk pertama kali menggunakan fitur Jetpack-Publicize, anda akan diminta untuk menyambungkan akun blogekstra kepada akun wordpress.com. Klik pada tombol hijau seperti tampka dibawah.

wp to fb 2.1

Lalu login menggunakan username dan password wordpress.com anda.

wp to fb 2.2

Ini di halaman utama penyetingan submit artikel otomatis ke facebook,  temukan dan klik tombol “Hubungkan” di sebelah kanan item Facebook.

wp to fb 3

Jika anda belum login ke facebook, maka akan diminta login ke fb terlebih dahulu.

wp to fb 4

Halaman selanjutnya persetujuan pembacaan profil fb publik anda, klik “Oke”.

wp to fb 5

Selanjutnya persetujuan agar blogekstra dapat mengirimkan artikel anda ke profil fb anda, klik “Oke”. Sekedar saran, sebaiknya pengaturan privasi disetel ke “Publik” saja (sudut kiri wh).

wp to fb 6

Lalu persetujuan agar app dapat mengirimkan artikel ke fanpage, berguna jika anda mengirimkan artikel tidak ke profil pribadi melainkan ke fanpage yang anda kelola, klik saja “Oke”.

wp to fb 7

Setelah selesai semua, anda akan dibawa kembali ke halaman settingan awal, diminta memilih artikel akan dikirim otomatis apakah ke profil pribadi atau ke salah satu fanpage anda. Pilih dan lalu klik tombol “Oke”.

wp to fb 8

Setelah selesai, halaman setting bagian facebook akan tampil profil atau fanpage yang terkait. Sampai disini anda sudah sukses menyeting kiriman otomatis ke facebook.

wp to fb 9

Untuk memastikan, saat anda mengirimkan tulisan akan tampil item Publicize seperti dilingkaran merah pada gambar dibawah.

wp to fb 10

Dan.. Sekarang setiap artikel terbaru anda akan otomatis dikirim ke facebook. Nantikan panduan selanjutnya tentang bagaimana cara men-submit otomatis artikel ke Google+ dan Twitter.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

panduan kontes bagi-bagi hadiah blogekstra

Panduan Kontes Bagi-bagi Hadiah (Giveaway) BlogEkstra Terbaru

Kali ini saya akan menjelaskan cara mengikuti kontes atau kompetisi di BlogEkstra ...