Situs Saya / Panduan / Cara Menyunting Profil Penulis Untuk Ditampilkan di Author Box

Cara Menyunting Profil Penulis Untuk Ditampilkan di Author Box

Melengkapi profil penulis (yang ditampilkan di author box) adalah syarat wajib agar artikel dapat diterbitkan. Oleh karena itu panduan ini sangat penting bagi Anda yang berminat untuk menjadi penulis. Dan pasti lebih penting untuk Anda yang ingin menggunakan fasilitas bagi hasil BeShare.

Profil Penulis pada Author Box

Data yang ditampilkan di author box adalah:

  1. Nama tampil (bukan username)
  2. Avatar atau photo profil
  3. Info biografi penulis
  4. Tautan ke homepage / blog (khusus ini opsional)
  5. Profil sosial media

Untuk data nomor 1 dan 2 bersifat global, artinya dengan sekali menyuntingnya maka akan memberikan tampilan yang sama di semua jaringan BlogEktra dan semua bloggrupnya. Keduanya dapat Anda sunting di http://blogekstra.com/usernameAnda/profil/edit. Lihat panah pada gambar dibawah, atau lihat panduan Cara Menyunting Profil dan Menambahkan Avatar.

Edit Profil BlogEkstra dan Avatar

Menyunting Profil Penulis Pada Sebuah Blog

Untuk data nomor 3, 4 dan 5 akan kita bahas saat ini, ketiganya disunting pada satu tempat, yaitu pada URL namablog.blogekstra.com/wp-admin/profile.php.  Tiap masing-masing blog dapat Anda berikan data yang berbeda, terutama data biografi dan homepage, Anda dapat menyesuaikan data sesuai tema blog bersangkutan.

  1. Buka blog yang Anda telah bergabung. Untuk contoh saya gunakan blog otomotif.blogekstra.com
  2. Cari member area di sidebar kanan, klik pada “edit” disamping Profile Penulis seperti pada gambar di bawah.
    box-member-area-blog-edit
  3. Lalu Anda dibawa ke halaman edit profil penulis. Tarik ke bawah hingga seperti gambar dibawah, isi nomor 3 dengan biografi Anda sebagai penulis, atau kutipan atau moto hidup. Bisa juga tentang hobi atau bisnis yang sedang Anda geluti.
    Sunting Info Biografi Penulis
  4. Lalu pada nomor 4 cantumkan homepage website atau blog Anda. Khusus nomor 4 ini bersifat opsional, bukan syarat wajib untuk penerbitan artikel.
  5. Tarik lagi ke bawah hingga pada bagian Social Networking. Anda wajib mengisi salah satu dari profil Anda di Google+, Twitter atau Facebook. Untuk Twitter cukup masukkan username twitter saja. Sedangkan untuk Google+ atau Facebook harus mengisi dengan URL lengkap dengan http atau httpsnya. Lihat gambar dibawah:
    Profil Sosial Media Penulis Untuk Author Box
  6. Setelah semua selesai, pastikan kembali semua isian sudah benar, silahkan tekan tombol “Perbarui Profil”.

Penyuntingan profil penulis sudah selesai, jika Anda sedang menunggu penerbitan artikel pertama, silahkan konfirmasikan hal ini kepada editor dengan membalas email yang ia kirim.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

2 comments

  1. Foto Profil dari Siti Marliani

    karena menulis berarti mencatat jejak hidup, juga membagi ilmu-ilmu yang bermanfaat didalamnya. selamat menulis, selamat menebar manfaat :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

panduan kontes bagi-bagi hadiah blogekstra

Panduan Kontes Bagi-bagi Hadiah (Giveaway) BlogEkstra Terbaru

Kali ini saya akan menjelaskan cara mengikuti kontes atau kompetisi di BlogEkstra ...