Situs Saya / Panduan / Dasar Menulis dan Mengirimkan Artikel

Dasar Menulis dan Mengirimkan Artikel

Panduan kali ini akan membahas bagaimana cara menulis dan mengirimkan artikel di BlogEkstra. Panduan kirim tulisan ini lebih bersifat panduan dasar. Sedangkan untuk cara kirim tulisan tingkat lanjut akan dibuatkan panduan terpisah.

Kami berupaya memberikan kemudahan termasuk dalam hal mengirimkan tulisan. Anda hanya perlu membuka blog yang Anda maksud, dan disana sudah terdapat pintasan untuk mengirimkan tulisan. Detailnya sebagai berikut:

  1. Jika belum login silahkan login terlebih dulu menggunakan username dan password Anda. Lalu buka salah satu blog, cukup dengan klik pada menu utama. Misalnya blog android, kesehatan, kuliner, travelling dll.
    menu utama
  2. Setelah masuk ke halaman blog minat tersebut, Anda perhatikan kotak member area di bilah kanan atas, akan menampilkan beberapa tautan penting. Untuk mengirimkan artikel, anda dapat meng-klik “Kirim Artikel”.
    menu kirim artikel
  3. Ini dia tampilan halaman penulisan, mari kita bahas bagian utama saja. Pertama Anda harus menentukan judul untuk artikel yang nanti terbit. Lalu masukkan isi tulisan pada badan artikel. Saya sarankan menggunakan mode Visual (dalam lingkaran seperti pada gambar) untuk yang tidak mengerti html. Lalu..
    Peta Halaman Penulisan Artikel
  4. Jangan lupa untuk memilih salah satu kategori kategori, centang salah satu. Berikan juga beberapa tags dengan kata kunci yang berhubungan dengan artikel, ingat.. yang paling berhubungan saja, pisahkan tiap kata dengan koma, misal “aplikasi, app, apk”. Kategori dan tags ini akan memudahkan artiekl Anda ditemukan oleh pembaca nantinya.
  5. Dan terakhir adalah memberikan gambar sampul. Pertama cari dan tentukan dulu gambar yang akan digunakan.

    Untuk melengkapi gambar sambul, klik pada menu Gambar Sampul dibawah isian Tags
    gambar sampul artikel

    Pada form yang tampil, pilih tab “Unggah Berkas”
    upload gambar sampul artikel

    Lalu klik “Pilih Berkas”, temukan dan mulai upload gambar tsb
    mulai upload gambar sampul

    Setelah terkirim sempurna, ditandai dengan pratampil gambar dan Judul gambar tampil dg baik, maka klik tombol “Buat gambar sampul”
    set gambar sampul

  6. Yakin sudah betul semua? Jika belum simpan dulu debagai konsep, klik “Simpan Konsep“, nanti Anda dapat menyunting untuk menyempurnakannya. Atau jika sudah yakin, pilih tombol “Kirim untuk Evaluasi“, maka artikel Anda akan dikirimkan kepada Admin dan Editor untuk pengecekan dan penerbitan.
    Kirim Tulisan Untuk Evaluasi

Semua artikel yang dikirimkan akan melalui pengecekan lalu penerbitan. Dan tiap penulis akan diinfokan melalui email untuk status penerbitan tiap tulisannya.

Ke Pusat Panduan

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

9 comments

  1. Foto Profil dari Eduard de Grave

    saya ingin menulis topiknya nama-nama bayi dan juga misteri. kalo belum ada topik yg tersedia lalu harus diletakkan di mana artikelnya min?

  2. Foto Profil dari Andi Zulkifli Nurdin

    Saya mau coba kirim tulisan semoga bisa diterima

  3. Afifatur Rohmah

    masih harus banyak belajar, tapi tidak ada salahnya mencoba

  4. maaf kak, memang sudah lama saya ndak aktif menulis, sibuk dengan tugas kuliah. Klau boleh tahu konsepnya seperti apa ya kak?

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

panduan kontes bagi-bagi hadiah blogekstra

Panduan Kontes Bagi-bagi Hadiah (Giveaway) BlogEkstra Terbaru

Kali ini saya akan menjelaskan cara mengikuti kontes atau kompetisi di BlogEkstra ...