Situs Saya / Blogging / Cara Mendapatkan Ide dan Inspirasi Untuk Menulis

Cara Mendapatkan Ide dan Inspirasi Untuk Menulis

Menulis itu sulit, bagi yang menganggapnya sulit. Jadi menulis itu gampang, jika dalam menulis kita sudah memasang sugesti ini. Termasuk dalam mendapatkan ide apa yang harus ditulis.

Tidak harus sempurna, tidak ribet, dan jangan kaku. Semua ide sudah ada disekitar Anda. Tidak percaya? Mari buktikan..

  1. Membaca, menonton, tentu hal ini paling logis, ada output karena ada input. Bacalah majalah atau apapun tentang sesuatu yang Anda sukai, hal-hal yang membuat penasaran, atau topik terbaru yang sedang hangat.
  2. Kunjungi blog rival terberat yang selalu eksis. Silahkan fikirkan, mereka saja bisa, Anda yakin rela kalah dari mereka. Dari pada menyerah, lebih baik intip metode mereka, buat yang setara atau lebik baik, Anda pasti bisa..
  3. Blogwalking, kunjungi blog lain, terutama dengan topik yang membuat Anda harus berfikir, bertanya, atau memberi komentar. Hal ini membuktikan bahwa isi tulisan tersebut telah merangsang fikiran Anda, dan siap-siap inspirasi muncul kembali.
  4. Cara lebih cepat, coba buka salah satu blog topik, lalu lihat kotak artikel populernya. Mungkin dari situ Anda bisa mengerti apa yang dicari pembaca, jangan lupa untuk menjadikannya sebuah ide menulis.
  5. Segera catat setiap otak Anda memproduksi ide bagus, gunakan note di hp atau bahkan disecarik kertas sekalipun.
  6. Jadikan masalah sebagai ide tulisan, jika Anda telah menemukan solusinya maka buatkan tutorial. Mungkin saja orang lain memiliki masalah yang sama dengan Anda dan belum mendapatkan solusinya.
  7. Ganti topik, ya benar ganti topik, bahkan mengenai hal yang jarang Anda tulis. Jika otak kiri sedang lelah memproses code pemrograman, saatnya otak kanan bekerja mengulas tempat makan favorit, atau mencoba berbagi motivasi.
  8. Ngobrol, dialog dan menerima persepsi orang lain mungkin dapat menjadi cara untuk membuka fikiran Anda dan memperoleh ide baru.
  9. Istirahat, ya betul.. kadang buntunya ide merupakan.tanda dari lelahnya otak kita setelah lama berfikir keras.

Tiap orang mungkin memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan ide menulis. Jika berkenan silahkan berbagi di kotak komentar.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...