Situs Saya / Panduan / Cara Memasang Rich Snippet Google+ Author

Cara Memasang Rich Snippet Google+ Author

Pernahkah Anda melihat hasil pencarian Google dengan didampingi nama dan photo wajah disampingnya. Terlihat lebih wah bukan? Photo tersebut adalah pemilik atau penulis dari konten yang ditampilkan di hasil pencarian Google.

Bagaimana jika setiap artikel Anda di BlogEkstra, saat tampil di Google menampilkan juga nama dan photo Anda sebagai penulis?..

Sebenarnya untuk semua bloggrup BlogEkstra telah kami sudah berikan parameter rich snippet auhtor sedemikian rupa sehingga siap mendukung Google Plus Authorship, tapi kami membutuhkan Anda sebagai penulis untuk melakukan pengaturan profil Anda, baik itu profil Google Plus maupun profil di bloggrup bersangkutan.

Jika Anda sudah menjadi penulis (author maupun contributor) maka Anda cukup ikuti tahapan dibawah untuk mengaktifkan Google Rich Snippet Author.

  1. Anda harus memiliki akun Google Plus, jika belum punya silahkan buka plus.google.com, buat baru atau login menggunakan akun gmail.
    Lalu catat URL Google Plus, misal https://plus.google.com/114444621152196849869.
  2. Pastikan Anda memasang photo profil Google Plus dengan photo terbaik Anda. Photo inilah yang akan tampil di hasil pencarian nanti.
  3. Masih di Google Plus, pada menu “About”, pada kotak “Links” klik teks “Edit” disudut kiri bawah untuk menyunting kotak ini. Isilah “Contributor To” dengan menambahkan URL bloggrup tempat tulisan Anda dimuat, misalkan saja http://android.blogekstra.com.
  4. Pada bagian “Custom Links”, masukkan juga URL beberapa artikel Anda pada bloggrup nomor-3 tadi. Misalkan URL salah satu artikel Anda adalah http://android.blogekstra.com/aplikasi/aplikasi-kirim-artikel-pakai-android.html
  5. Opsional, untuk mempercepat proses, Anda juga bisa menyertakan halaman arsip penulis ke “Custom Links”. URL halaman arsip penulis misalnya seperti http://android.blogekstra.com/author/welyh2o, ganti welyh2o dengan username Anda di bloggrup tsb.
  6. Harap diingat bahwa nama Anda di Google Plus HARUS SAMA dengan nama Anda pada blog bersangkutan.
  7. Sekarang kita menuju pengaturan profil penulis di bloggrup. Jika belum login, silahkan buka bloggrup Anda (misal android.blogekstra.com) lalu login pada menu member area samping kanan lalu cari dan klik menu edit Profil.
  8. Seret ke bawah dan cari isian bernama Google+, lalu isikan URL Google Plus Anda (langkah-1). Untuk profile lain seperti facebook, twitter dan linkedin adalah diluar bahasan ini. Tapi silahkan saja dilengkapi.
  9. Jangan lupa tekan tombol “Perbarui Profil” untuk menyimpat pengaturan profil penulis.
  10. Nomor 7 s.d. 9 dapat juga menggunakan panduan Cara Menyunting Profil Penulis Untuk Ditampilkan di Author Box

Pengetesan:
Dengan 9 langkah diatas sudahlah cukup untuk mengaktifkan fitur ini. Jangan kaget jika hasil pencarian Google belum menampilkan photo di samping artikel Anda, mungkin harus menunggu beberapa lama.

Untuk memastikan pengaturan tsb benar, silahkan gunakan tool ini (klik) lalu masukan URL artikel pada langkah-4 diatas. Photo Anda akan tampil jika pengaturan tsb benar.

Punya cara lebih bagus untuk menggunakan rich snippet author, atau justru masih kesulitan?.. yuk komen disini aja.. :)

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

panduan kontes bagi-bagi hadiah blogekstra

Panduan Kontes Bagi-bagi Hadiah (Giveaway) BlogEkstra Terbaru

Kali ini saya akan menjelaskan cara mengikuti kontes atau kompetisi di BlogEkstra ...