Situs Saya / Blogging / Blogger Harus Berpedoman Kepada KBBI Dalam Membuat Artikel Indonesia

Blogger Harus Berpedoman Kepada KBBI Dalam Membuat Artikel Indonesia

Jika Anda adalah seorang blogger, pasti pernah merasa ragu tentang benar tidaknya sebuah kata yang Anda tulis dalam bahasa Indonesia. Saya pun terkadang seperti itu. Mengetik kata ini, merasa ragu apakah kata ini yang benar adalah begini atau begitu? Itu hanya bentuk keragu-raguan saya. Kemudian, saya pun acuh tak acuh.

Sebelumnya saya berfikir bahwa untuk menjadi blogger yang produktif itu tidak perlu harus membuat tulisan yang sempurna dalam hal kebenaran kata per kata menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) ke dalam tatanan bahasa Indonesia. Yang penting orang lain mengerti maksud penyampaian saya, itu tidak masalah menurut saya

Namun, belakangan saya menjadi malu sendiri jika mengingat bahwa tugas blogger adalah mencerdaskan para pembaca, dan memberikan tulisan yang benar termasuk kata-kata yang diketik. Dari situlah saya mencari solusi bagaimana mencari kata yang benar untuk membuat artikel bahasa Indonesia.

sahabat, kita harus menyadari bahwa sebuah ilmu yang masyarakat umum dapatkan di internet, itu merupakan sumbangsih dari para blogger. Di sini berarti peranan blogger untuk menyumbangkan pengetahuan melalui internet sangatlah besar.

Pengetahuan yang benar dan yang salah, blogger lah yang akan mempertanggung jawabkannya. Berarti, salah menuliskan sebuah kata juga menjadi tanggung jawab bagi blogger itu sendiri untuk memperbaikinya.

Maaf sebelumnya kalau saya lancang membuat tulisan yang terkesan sok jago ini. Tapi, saya hanya ingin mengajak dan mengingatkan. Bukan untuk menggurui siapa pun. Saya pun masih banyak kekeliruan dan masih dalam tahap belajar. Jadi jika ada kesalahan mohon diberi masukan melalui komentar di bawah.

Oke, setelah panjang lebar berceloteh di atas, saya ingin mengajak kepada Anda para blogger untuk memanfaatkan KBBI online jika ingin membuat tulisan Indonesia yang benar. KBBI singkatan dari kamus besar bahasa Indonesia. Kini, kamus ini lebih mudah kita gunakan karena bisa kita akses melalui media Internet. Kunjungi http://kbbi.net

KBBI Gunanya untuk apa? Nah, di sinilah inti dari pembahasan kali ini. KBBI online merupakan kamus bahasa Indonesia yang siap mencari kata perkata yang benar menurut bahasa Indonesia. Apa yang kita ketik, jika tidak dibakukan kedalam bahasa Indonesia, berarti tidak akan muncul hasil pencariannya di KBBI online ini.

Contoh: kita ragu akan kata yang benar antara KALOK dan KALAU. Sementara yang kita gunakan sehari-hari untuk mengganti persamaan kata JIKA adalah KALOK misalnya. Nah, mari kita ketik di pencarian KBBI online. Terbukti bahwa setelah melakukan pencarian kata KALOK, KBBI mengatakan “maaf, tidak ditemukan kata yang dicari”. Itu artinya, kata KALOK tersebut tidak baku.

kbbi adalah salah satu pedoman bagi blogger

Sedangkan jika mencari kata KALAU, maka kita akan mendapati keterangan di KBBI yang menjelaskan tentang kata KALAU tadi. Itu artinya, kata KALAU inilah yang benar menurut kamus besar bahasa Indonesia.

Seberapa pentingkah mengikuti tatanan kata di kamus besar bahasa Indonesia? Tentu sangat penting. Sebab saya telah menjelaskan sebelumnya bahwa para bloggerlah yang menyumbangkan banyak informasi di internet, dan blogger harus mempertanggungjawabkan informasi tersebut.

Nah, jika kita selalu memberikan artikel yang mengandung banyak salah kata, maka dikhawatirkan para pembaca akan mengikuti kata-kata yang salah tersebut untuk menulis. Jika anak sekolahan yang membaca, pasti mereka akan menerapkannya di tulisan buku sekolah mereka.

Jika mereka salah, bagaimana mereka mau maju sementara yang mereka tulis padahal bahasa Negara sendiri. Jika tulisan mereka dinilai oleh guru bahasa Indonesia, pasti mereka mendapat nilai rendah. Ini hanya contoh. Dan contoh kesalahan kata akibat membaca artikel di internet oleh anak sekolah ini, sekali lagi bloggerlah yang harus bertanggung jawab.

Oleh karena itu, yuk biasakan mengecek kata yang kita anggap meragukan menggunakan KBBI online. Semoga dengan berkembangnya tulisan para blogger menjadi lebih baik, berkembang pula pengetahuan anak bangsa yang membacanya.

Demikian tulisan sederhana tentang blogger harus berpedoman kepada KBBI online untuk membuat artikel Indonesia, semoga ada manfaatnya..

artikel ditulis oleh @supangkat

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...