Situs Saya / Blogging / 8 Tips Agar Artikel Menarik Bagi Pembaca

8 Tips Agar Artikel Menarik Bagi Pembaca

Aktifitas menulis yang menyenangkan akan lebih menyemangati jika ternyata karya-karya kita disukai oleh banyak pembaca. Sekedar menambahkan tips ringan dari saya agar tulisan lebih menarik bagi pembaca BlogEkstra.

  1. Ingat selalu tema awal tulisan agar artikel tidak kehilangan “jiwanya”
  2. Berikan ciri khas karakter tulisan Anda, biarkan pembaca mengenal siapa penulis favoritnya melalui artikel Anda.
  3. Buatlah komunikasi dengan pembaca, seolah-olah Anda sedang bertatap muka dan berbicara dengannya. Dan jawab komentar mereka pada artikel yang sudah diterbitkan.
  4. Panjang artikel idealnya antara 300 kata hingga 600 kata. Artikel bersambung bukanlah masalah, justru dengan bumbu tertentu akan menjadi nilai lebih.
  5. Agar tidak membosankan, buatlah tiap paragraf agar sependek mungkin, dan buatlah paragraf yang lebih panjang untuk selingan, berikan variasi.
  6. Perjelas kata-kata yang penting dan butuh perhatian dengan menggunakan tulisan miring (italic) atau cetak tebal (bold) , atau berikan garis bawah (underline) . Variasi lebih lanjut dapat menggunakan HEADING H1, H2, H3 dst, “kutipan”, teks berwarna , dll, gunakan komposisi yang enak dipandang dan tidak terlalu ramai.
  7. Pilih kategori yang tepat, jangan lupa berikan beberapa tags (kata kunci) agar pembaca mudah menemukan artikel Anda.
  8. Jika belum selesai menulis atau belum yakin maka simpanlah sebagai draft / naskah, tapi sebaiknya tidak terlalu lama untuk menunda melanjutkan, untuk mencegah lupanya tema awal tulisan tsb.
  9. Dan ingatlah.. sebagian member BlogEsktra adalah penulis, saat menjadi pembaca mereka akan menjadi pembaca yang antusias dan responsif, maka jagalah lebih kuat kredibilitas Anda sebagai penulis.

Ada yang mau menambahkan tips agar tulisan jadi menarik?

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...