Situs Saya / Blogging / 6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena sepertinya Rabu atau Kamis besok kita sudah mulai puasa hari pertama. Anggap saja tips ngeblog Ramadhan ini sebagai sambutan untuk bulan puasa Ramadan 2015, persembahan untuk para blogger Indonesia, khususnya belovers semua.

Blogger Ramadhandownload gambar ukuran 300×300 px
download gambar ukuran 600×600 px

Saya ingin menjelaskan dan mungkin sedikit merevisi tentang anjuran dari saya kemarin, agar menulis dengan tema Ramadan untuk menyesuaikan trend tema artikel saat ini. Ada dua masalah yang ingin saya sampaikan…

Pertama, berdasarkan pengalaman sebelumnya, serta curhatan blogger lain, selama bulan Ramadan biasanya terjadi penurunan kunjungan blog. Dan titik baliknya biasanya setelah hari raya Idul Fitri. Pertanyaannya adalah, blog yang bagaimana yg turun trafiknya, apakah semuanya?

Dan yang kedua, walaupun target tema artikel kita adalah seputar Ramadhan, ternyata menurut riset kata kunci google keyword planer, untuk penelusuran kata kunci “ramadan”, “ramadhan”, atau “bulan puasa” sangatlah sedikit. Lalu apakah bulan Ramadan tidak potensial untuk ngeblog?

Nah bagi yang belum tau jawabannya silahkan baca postingan ini sampai tuntas. Mungkin saja dapat menjadi pengisi kekosongan jiwa dan penawar dahaga akan pengetahuan. Lebay.. :v

Beberapa tips dari saya, simak perlahan, agar bermanfaat:

  1. Untuk masalah pengunjung, walaupun terdapat penurunan trafik tapi tidak berarti total bukan? Secara umum mungkin turun, tapi sebagian blog justru naik kunjungannya. Jadi tetaplah semangat, tinggal kita temukan saja apa topik blog tsb dan kita jadikan contoh. :D
  2. Perlu diingat juga, artikel dibuat selama bulan Ramadan tidak berarti tidak akan dibaca selepas bulan Ramadhan, bahkan bertahun-tahun setelahnya masih dapat dibaca jika bermanfaat. Jadi tetaplah menulis, buat tema apa saja tidak harus selalu terkait bulan puasa. Contoh nyata di blogekstra.com, banyak artikel kiriman tahun lalu yang masih betah menjadi most viewed post.
  3. Jika memang ingin menulis untuk target Ramadhan, carilah topik yang sekiranya ramai dicari di bulan puasa. Misalnya untuk kategori kuliner: resep kolak, resep kue kering, kue lebaran, resep kue nastar; kategori kesehatan: manfaat puasa; kategori komputer: wallpaper ramadan; kategori travelling: tips mudik; kategori keuangan: thr tambahan, tips belanja, bisnis di bulan puasa; kategori otomotif: menyiapkan kendaraan mudik; dll.
  4. Jika kata kunci pencarian adalah acuan kita, maka artinya kita bicara SEO. Dan SEO hanya salah satu jalan mencari trafik, masih banyak jalan lainnya, salah satunya yang mudah adalah melalui efek VIRAL di sosial media. Buatlah postingan yang memancing diskusi, berisi pro kontra, membuat penasaran, menakjubkan, memberikan kewajiban untuk membagikan, dll. Tentu saja, buat artikel yang bermanfaat, karena manfaat ini yang akan kembali kepada anda, pembaca pun akan kembali lagi atau mencari artikel anda yang lain.
  5. Efek viral diatas sepertinya cocok juga untuk diterapkan kepada artikel dengan kategori motivasi, nasihat, maupun yang menggunakan acuan kata kunci “ramadhan”, “ramadan”, atau “bulan puasa”. Biasanya pemilihan topik tren dapat mendongkrak kesuksesan cara viral ini.
  6. Nah.. selain masalah pemilihan  topik, sepertinya pemilihan waktu posting juga jadi sangat penting. Pintar-pintar saja memilih waktu posting artikel atau waktu share postingan ke sosial media (misal facebook). Karena pola hidup di bulan puasa akan tidak seperti biasanya. Temukan saat-saat target audience anda memiliki waktu luang atau memang waktunya mereka online atau membaca. Misal: saat sore hari atau ngabuburit.

Karena perimeter begitu banyak, tiap orang bisa melakukan cara bervariasi dan hasil yang beragam. Intinya adalah praktek, dan berimprovisasilah sesuai kondisi masing-masing. Demikian beberapa tips ngebog di bulan Ramadan dari blogekstra, semoga bermanfaat bagi semua. Tak banyak yang saya tau, jadi segala masukan dan koreksi akan saya terima dengan baik.

Mari terus berbagi kebaikan melalui tulisan

Salam Blogger :D
@welyh2o – Admin BlogEkstra

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Olahraga-Parkour.jpg

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya…