Situs Saya / Blogging / Cara mudah menulis artikel buat pemula

Cara mudah menulis artikel buat pemula

Menulis artikel buat pemula yang baru menjalaninya akan terasa berat, namun jika sudah terbiasa maka hal itu akan menjadi mudah dan gampang. Terlebih jika sudah biasa menulis kejadian di buku diary, biasanya hal ini dilakukan oleh kaum hawa.

Yang awal harus dilakukan oleh pemula adalah kemauan dan niat yang kuat untuk menulis apa yang ada di pikiran. Bahkan sebaiknya selalu siapkan buku catatan kecil kemanapun Anda pergi, sehingga jika ada ide pikiran bisa segera dicatat dibuku tersebut agar bisa dikembangkan nantinya.

Jika keinginan sudah kuat maka lanjutkan dengan tindakan yaitu segera menulis, tulislah apa saja yang ada dibenak Anda saat itu, jangan pernah memikirkan untuk mengedit kata-kata yang sudah ditulis. Tulis saja dulu hingga benar-benar Anda merasa sudah cukup menulis atau ide pikiran Anda sudah habis.

Sumber : www.axal.org

Sumber : www.axal.org

Bila ide sudah habis atau Anda merasa lelah namun masih merasa tulisannya belum selesai, silahkan istirahatkan sejenak otak Anda agar ide tersebut kembali muncul. Istirahat ini bisa dengan melihat alam di luar ruangan, tidur sejenak atau membaca buku favorit. Menonton juga boleh asal jangan keterusan karena bisa menyebabkan Anda lupa menulis.

Anda bisa mengedit tulisan jika Anda sudah yakin benar bahwa tulisan tersebut sudah selesai, karena jika Anda mengeditnya di tengah-tengah Anda menulis, maka itu akan membuyarkan konsentrasi Anda dalam menuangkan ide ke dalam tulisan Anda. Jadi menulis saja terus selama ide masih berkeliaran di kepala Anda, dan jangan perdulikan dahulu soal tata bahasa, pengejaan atau kesalahan penulisan, karena itu semua bisa dilakukan diakhir sehingga tidak membuyarkan konsentrasi Anda dalam menulis.

Untuk ide pokok tulisan bisa Anda cari di sekeliling Anda, misal dari lingkungan rumah, dari berita di TV, acara TV dan lain sebagainya. Atau dari sesuatu yang jadi trend pada saat itu bisa dijadikan ide pokok dalam artikel Anda.  Sebagai bentuk latihan agar terbiasa, tulislah apa saja yang ada dibenak Anda dan pantas untuk dipublikasikan, serta jangan takut dengan penilaian orang lain agar Anda leluasa dalam menulis.

Apabila sudah terbiasa menulis, maka kemampuan menulis juga akan semakin meningkat. Jika awalnya tulisan Anda sangat biasa, bahkan Anda sendiripun malas membacanya tapi karena Anda sering latihan maka bukan hal yang tidak mungkin tulisan Anda selanjutnya akan dibaca oleh banyak orang.

Oke saya ucapkan selamat menulis semoga bermanfaat…

Gambar Sampul : www.axal.org

Penulis: Zainur Rochim

Foto Profil dari Zainur Rochim
Seorang manusia biasa yang hobby membaca, menulis dan belajar hal baru yang bermanfaat serta membagikannya agar jadi manfaat buat yang menerimanya.

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...