Situs Saya / Lain-lain / Yuk Bikin Resolusi Menulis 2015!

Yuk Bikin Resolusi Menulis 2015!

Naik turunnya semangat menulis merupakan suatu hal yang biasa. Ada masanya semangat menulis itu begitu menggebu. Terutama ketika kita baru mendapatkan tantangan menulis. Namun, ada masanya juga semangat menulis itu hilang dari diri. Ide seolah enggan menghampiri, otak membeku bahkan terkadang tangan pun enggan menyentuh laptop.

resolusi-menulis-2015

www.aacc.edu

Bagi Anda yang menggantungkan ikhtiar rezeki melalui dunia menulis, semangat menulis sangatlah penting. Anda harus mampu melawan rasa malas, jenuh dan bad mood yang menghalangi gerak untuk menulis. Semangat menulis tidak lagi dinanti, melainkan harus diciptakan. Ide tidak lagi ditunggu, tapi harus ditemukan. Tidak lagi menunggu waktu luang untuk menulis, melainkan harus meluangkan waktu untuk menulis.

Menjaga semangat menulis memang bukan perkara yang mudah. Tapi juga bukan berarti tidak mungkin. Semua kembali pada tekat dan niat dalam menulis. Ketika Anda memiliki tekat dan niat yang kuat, insya Allah menjaga semangat untuk selalu konsisten menulis akan lebih mudah.

Jika awal tahun menjadi momen penting bagi sebagian orang untuk menyusun resolusi hidupnya. Tidak ada salahnya Anda juga memanfaatkan awal tahun ini untuk menyusun resolusi menulis setahun ke depan. Resolusi merupakan salah satu rangkaian target terukur yang ingin diraih dalam jangka waktu tertentu. Dengan target-target tersebut Anda akan termotivasi untuk terus bergerak meraihnya satu demi satu. Target-target itulah yang akan menjaga motivasi Anda dalam menulis. Ketika semangat menulis mulai menurun, coba lirik kembali resolusi menulis yang telah dibuat. Apa saja resolusi awal tahun tersebut yang belum tercapai?

Resolusi menulis yang Anda susun merupakan stimulus yang akan selalu mengingatkan dan memotivasi Anda untuk menulis.

Apa Tujuan Menulismu?

Sebelum menyusun resolusi menulis terlebih dahulu Anda perlu menetapkan apa tujuan menulis Anda? Tujuan menulis sangatlah penting. Karena tujuan merupakan titik acuan bagi Anda untuk menyusun resolusi. Tujuan juga menjadi acuan apakah apakah Anda perlu menyusun resolusi menulis atau tidak?

Jadi, mulai sekarang periksa kembali apa tujuan menulis Anda? Tanyakan pada diri sendiri, mengapa Anda menulis? Tujuan apa yang ingin diraih dari menulis. Manfaat apa yang ingin Anda tebarkan melalui aktivitas menulis?

Jawaban dari pertanyaan di atas merupakan titik acuan bagi Anda dalam menetapkan target-target besar dalam menulis. Semakin jelas tujuan menulis Anda, maka akan semakin memudahkan Anda untuk menetapkan target-target menulis yang jelas dan terukur. Resolusi menulispun semakin penting untuk disusun. Sebaliknya, semakin tidak jelas tujuan menulis Anda, maka Anda akan kesulitan untuk menetapkan langkah ke depan. Ada baiknya Anda mempertimbangkan lagi pilihan hidup untuk menulis. Karena boleh jadi, menulis bukanlah aktivitas yang tepat untuk Anda tekuni ke depannya.

Yuk Menyusun Resolusi Menulis 2015!

resolusi-menulis-2015-2

www.bloggers.or.ke

Tujuan menulis sudah jelas sekarang saatnya untuk menyusun resolusi. Jabarkan target-target menulis yang ingin Anda raih tahun 2015 ini. Gunakan tujuan besar Anda sebagai titik acuan untuk menyusun target-target jangka pendek tahun ini. Setiap target yang disusun haruslah mendukung pencapaian tujuan besar yang ingin Anda raih.
Contohnya sebagai penulis Blogekstra.com apa tujuan besar yang ingin Anda raih?

Apakah Anda ingin tulisan Anda dibaca oleh sekian juta orang setiap bulan?

Apakah Anda ingin tulisan Anda mampu menginspirasi sekian juta orang di seluruh belahan bumi?

Apakah Anda ingin mendapatkan passive income sekian juta rupiah per bulan dari Beshare tulisan Anda di Blogekstra.com?

Apapun tujuan besarnya, Anda harus menetapkan target menulis di Blogekstra.com tahun 2015 ini. Tidak hanya target kuantitas akan tetapi juga target kualitas. Kualitas tulisan yang diposting juga harus ditargetkan lebih baik dari sebelumnya.

Dari target-target tersebut Anda bisa menyusun resolusi menulis di Blogekstra.com selama satu tahun ini. Dan kemudian membreakdownnya dalam rencana-rencana menulis bulanan, mingguan dan harian. Tetapkan alokasi waktu khusus untuk menulis artikel Blogekstra.com secara rutin.

Target sudah ditetapkan, rencana sudah disusun, nah sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk action. Karena target dan rencana tidak akan berarti apa-apa jika tidak segera direalisasikan. Sebagus apapun resolusi yang Anda buat, semua tetaplah menjadi kumplan target tertulis jika tidak segera ditindaklanjuti dengan action.

Ok, segera nyalakan laptop dan mulailah menulis sekarang juga!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya…