Situs Saya / Blogging / Tips Menulis / Tips Menulis Di Tengah Kesibukan

Tips Menulis Di Tengah Kesibukan

Konsisten menulis itu memang tidak mudah. Terutama di tengah kesibukan rutinitas sehari-hari yang tidak ada habisnya. Seringkali kita kesulitan untuk meluangkan waktu untuk menulis. Terkadang ketika sudah menemukan waktu luang untuk menulis, ide menulis hilang entah ke mana. Sehingga, waktu luang melayang tanpa menghasilkan satu tulisan pun.

Gbr Menulis ditengah kesibukan

Gambar: www.tempo.co

Ya, konsisten menulis di tengah kesibukan memang bukan perkara yang mudah. Namun, ketika sudah menancapkan niat untuk menghasilkan karya tulis, kita tentunya tidak boleh menyerah dengan semua keterbatasan tersebut. Justru, kita harus berupaya sekuat tenaga menemukan celah dan solusi untuk mengalahkannya. Agar kita tetap bisa produktif di tengah kesibukan yang mengepung hari-hari kita.

Nah, untuk itu pada kesempatan ini Blogekstra.com akan berbagi sedikit tips menulis di tengah kesibukan. Bagaimana agar di tengah-tengah kesibukan harian yang tak pernah habisnya itu, kita tetap bisa produktif menulis, menelurkan karya-karya tulis yang bermanfaat bagi pembaca.

Miliki Niat yang Kuat

Niat yang kuat adalah tonggak pertama yang harus ditancapkan. Kekuatan niat adalah modal utama dan pertama kita dalam menulis. Ketika niat sudah tertanam dengan kuat dalam diri, maka semangat menulis itu akan tumbuh dengan subu dalam diri kita. Ia akan menjadi dorongan yang kuat untuk menulis.

Niat yang kuat ini harus kita tanamkan dalam hati. Caranya adalah dengan menggali dalam diri sendiri. Bertanyalah dengan sungguh-sungguh pada diri sendiri, benarkah kita ingin menulis? Apa tujuan menulis kita? Mengapa harus menulis? Dan apa manfaat menulis bagi diri kita? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan menentukan sekokoh apa niat kita dalam menulis. Semakin jelas tujuan dan alasan menulis kita, maka niat yang tertanam juga akan semakin kokoh. Demikian juga sebaliknya.

Catat Setiap Lintasan Ide

Pada tulisan Top Poster bulan lalu, Blogekstra.com menayangkan tulisan tentang peralatan tempur yang harus selalu di bawa oleh seorang penulis. Mengapa peralatan tempur ini harus selalu di bawa? Tujuannya tidak lain adalah agar kita selalu siaga menangkap setiap lintasan ide yang hadir tidak kenal waktu dan tempat. Dengan perlengkapan tempur yang selalu dibawa, kita selalu siap dan sigap untuk mencatat setiap lintasan ide yang muncul. Pun demikian ketika ada waku luang, kita bisa segera mengeksekusi ide di manapun kita berada. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Puasa TV dan Gadget

Televisi dan gadget adalah dua alat elektronik yang banyak menyita waktu luang kita. Terkadang bukannya waktu luang yang tidak kita punya. Akan tetapi, terkadang waktu luang itu kita habiskan untuk menonton televisi dan berasyik ria dengan gadget. Cobalah ingat-ingat kembali berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk menonton TV hari ini? Berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk buka gadget dan berselancar di media sosial? Kita sendiri yang tahu jawabannya.

mengatur waktu luang untuk menulis

Gambar: www.anneahira.com

Jika ternyata jawabannya banyak, lalu mengapa kita masih mengeluh tidak ada waktu untuk menulis? Sementara waktu untuk nonton TV dan berlama-lama dengan gadget selalu ada. Jangan pernah sia-siakan waktu luang kita untuk sesuatu yang tidak produktif. Mulailah untuk puasa TV dan gadget, kemudian manfaatkan waktunya untuk menulis.

Bangun Lebih Pagi

Masih belum menemukan waktu luang untuk menulis di tengah kesibukan? Cobalah untuk bangun lebih pagi. Jika biasanya kita bangun pas azan shubuh, sekarang cobalah bangun lebih pagi lagi. Satu jam sebelum subuh misalnya. Manfaatkan alarm atua alat bantu lainnya untuk membangunkan kita lebih pagi lagi. Kemudian, manfaatkan waktu-waktu tersebut untuk menulis. Biasanya, sebelum subuh adalah waktu-waktu yang sangat efektif untuk mengeksekusi lintasan ide menjadi tulisan. Waktu di mana tubuh dan pikiran kita masih segar, dan suasana subuh yang tenang sangat mendukung kita untuk berkonsentrasi maksimal.

Nah Belovers, demikianlah empat tips sederhana agar tetap bisa menulis di tengah kesibukan. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

ruang kerja sgb tempat menulis favorit

Temukan Tempat Menulis Favoritmu!

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi mood menulis. Salah satu diantaranya adalah tempat ...