Situs Saya / Blogging / Temukan Tempat Menulis Favoritmu!

Temukan Tempat Menulis Favoritmu!

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi mood menulis. Salah satu diantaranya adalah tempat dan suasana menulis. Ketika menulis sejatinya otak sedang berpikir. Otak bekerja keras untuk menguraikan ide menjadi jalinan kalimat-kalimat yang menggugah. Ada sinergi antara otak kanan dan kiri yang bekerja di dalamnya. Sehingga dibutuhkan tempat dan suasana yang mendukung agar kerja-kerja otak tersebut berlangsung maksimal.

Setiap penulis memiliki tempat menulis favorit masing-masing. Tempat menulis favorit penulis satu belum tentu sama dengan penulis lainnya. Ada penulis yang bisa menulis dengan nyaman di ruang-ruang publik sekalipun. Namun, penulis lain hanya bisa konsentrasi menulis di ruang privat-nya. Ada lagi penulis yang bisa menulis di tengah keramaian dan hiruk pikuk ruang tunggu. Namun, penulis lain hanya bisa di tempat yang sepi dan bebas gangguan.

Nah Belovers, diantara tempat-tempat berikut mana yang menjadi tempat menulis favoritmu?

Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruang privat yang tenang dan jauh dari gangguan orang lain. Kamu bisa menutup pintu rapat-rapat, memasang earphone dengan musik favorit dan mulai menulis dengan tenang. Jika tidak terbiasa menulis dengan iringan musik, kamu tidak perlu menyalakannya. Dan kamu pun bisa memilih sudut favorit dan menatanya sesuai keinginanmu. Sebagian besar penulis menjadikan kamar sebagai tempat menulis favoritnya. Bagaimana dengan kamu?

Ruang Kerja

ruang kerja sgb tempat menulis favorit

Gambar: http://michaelwuitchik.com

Ruang kerja di sini tidak harus di kantor. Kamu bisa menyediakan ruang kerja khusus di salah satu sudut rumahmu. Kemudian menatanya sesuai keinginan dengan barang-barang yang menunjang kegiatan menulismu. Yakinlah dengan menulis di ruang kerja khusus, kamu akan merasa menjadi penulis profesional. Mau mencoba?

Ruang Tamu

Pada sebagian orang, menulis itu tidak butuh tempat khusus. Bahkan ruang tamu pun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menulis. Jika tidak ingin mendapat gangguan dari anak-anak atau anggota keluarga yang lain, kamu bisa memilih waktu di mana mereka sedang tidak berkumpul di ruang tamu. Atau komunikasikan kebutuhanmu pada mereka. Sehingga mereka dengan sukarela memberi kesempatan pada kamu untuk duduk nyaman menulis di ruang tamu. Sekali-kali cobalah sensasi menulis di ruang tamu ini.

Taman

taman sebagai tempat favorit untuk menulis

Gambar: www.poemfarm.amylv.com

Menulis tidak harus di dalam ruangan. Sekali-kali cobalah untuk menulis di ruang terbuka yang hijau dan indah. Seperti di taman misalnya. Menulis sambil menikmati keindahan taman akan memberikan suasana baru. Mungkin keindahan taman dengan bunga-bunga bisa menciptakan mood menulis yang bagus. Bahkan sangat mungkin suasana taman memunculkan ide-ide segar untuk bahan tulisanmu. Mau mencoba?

Dapur

Bagi kaum ibu-ibu doyan nulis, tidak ada salahnya menjadikan dapur sebagai tempat menulis favorit. Meski bukan ruang privat, dapur yang bersih dan tertata rapi juga cukup kondusif lho untuk menulis. Coba saja, siapa tahu dapur juga bisa menjadi tempat menulis yang nyaman bagimu.

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan ruang publik yang sangat nyaman untuk aktivitas membaca dan menulis. Meski ramai, ruang pustaka tetap tenang. Sebab, setiap pengunjung perpustakaan asyik dengan buku pilihannya masing-masing. Selain itu di perpustakaan kamu juga akan lebih mudah menemukan buku-buku referensi untuk menunjang tulisanmu. Perpustakaan termasuk tempat menulis favorit banyak penulis. Apakah Belovers termasuk salah satu diantaranya?

Café

Salah satu tempat menulis favorit lainnya adalah café. Suasana café bagi sebagian penulis juga bisa menciptakan mood menulis yang bagus. Meski tidak semua penulis yang bisa nyaman menulis di café. Namun, beberapa penulis ternama berhasil merampungkan karya-karya besarnya dari meja café. Kabarnyaa Harry Potter karya fenomenal JK. Rowling lahir dari balik meja café.

Oke, diantara tempat-tempat yang disebutkan di atas, mana tempat menulis favoritmu? Apapun pilihanmu semoga tempat tersebut bisa meningkatkan mood menulismu. Karena tempat dan suasana yang mengitarinya mampu memberikan energi positif untuk membangkitkan gairah menulis.

Selamat memilih tempat menulis favoritmu!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...