Situs Saya / Blogging / Tips Menulis / Anda Penulis? Bawa Selalu Peralatan Tempurmu!

Anda Penulis? Bawa Selalu Peralatan Tempurmu!

Ide menulis itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Terkadang ia datang saat kita sedang duduk manis depan laptop untuk menulis. Namun tidak jarak juga ide itu melintas saat kita sedang mengerjakan aktivitas lain. Ide bisa datang kapan saja bak jelangkung, datang tak diundang pergi tak diantar hehe…:D

Sebagai penulis kita harus siap menangkap kapanpun ide itu datang. Jangan sampai lintasan ide yang ciamik lepas begitu saja. Tanpa sempat diikat dan dieksekusi menjadi tulisan yang cantik dan menginspirasi.

Nah.. agar lintasan-lintasan ide yang hadir tak kenal jadwal itu tidak hilang, kita perlu mengikatnya segera ketika lintasan ide datang. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan alat pengikatnya dan membawanya kemanapun kita pergi. Karena, lintasan ide itu hadir tanpa mengenal tempat dan waktu. Karena itu bawa selalu peralatan tempur untuk mengikat setiap kilatan ide yang melintas.

Apa saja peralatan tempur yang harus dibawa oleh setiap penulis? Berikut adalah beberapa peralatan tempur yang harus selalu dibawa oleh penulis:

Pertama: Alat Tulis

Alat tulis merupakan perlengkapan yang sebaiknya selalu dibawa oleh seorang penulis kemana pun pergi. Minimal sebuah buku kecil dan pena/pensil. Tujuannya adalah untuk mengikat setiap lintasan ide yang hadir.

Peralatan Menulis

Sumber Gambar: www.aacc.edu

Sebagaimana kita maklumi, memori otak kita memiliki keterbatasan dalam mengingat setiap lintasan ide yang hadir. Mengingat begitu banyaknya lintasan ide dan hal-hal lain yang harus diingat oleh memori otak tersebut. Jadi, bisa saja lintasan ide tersebut hilang dari memori sebelum sempat dieksekusi menjadi tulisan.

Alat tulis berfungsi untuk membantu kita mengingat lintasan-lintasan ide. Setiap kali merasa ada lintasan ide, segera catat lintasan ide tersebut dengan alat tulis kita. Ketika memiliki waktu untuk menulis, segera eksekusi lintasan ide tersebut menjadi tulisan yang cantik.

Kedua: Kamera

Peralatan tempur kedua yang sebaiknya dibawa oleh penulis adalah kamera. Mengapa kamera? Karena kamera bisa menangkap dan mengabadikan setiap momen dan view yang mungkin menjadi inspirasi dari setiap lintasan ide yang hadir. Selain itu, foto-foto yang dihasilkan juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk menulis nantinya.

kamera sebagai peralatan tempur penulis

Sumber Gambar: www.amazon.ca

Bagi blogger, kamera menjadi sangat penting. Karena, dengan kamera ini kita bisa mengambil foto-foto original untuk postingan kita.

Namun, jika belum memiliki kamera jangan berkecil hati. Manfaatkan saja kamera handphone yang dimiliki. Bukankah saat ini hampir semua handphone memiliki kamera dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya.

Ketiga: Alat Perekam

Peralatan lain yang bisa digunakan untuk mengikat lintasan ide adalah alat perekam. Ketika tidak memungkinkan menulis lintasan ide, kita bisa menggunakan alat perekam. Segera rekam lintasan ide yang kita pikirkan dalam bentuk kata-kata. Atau bisa juga merekam hal-hal atau peristiwa yang menjadi sumber inspirasi lintasan ide saat itu. Rekaman lintasan ide ini nantinya bisa kita putar kembali ketika akan menuangkannya dalam tulisan.

Keempat: Gadget

Sekarang kan zamannya serba praktis. Pada umumnya orang ogah membawa banyak peralatan dalam tasnya. Inginnya semua serba simpel dan ringkas. Jika harus membawa alat tulis, kamera dan alat perekam ke mana-mana rasanya ribet ya? Nah, sekarang ada solusi praktisnya. Apa itu? Gadget.

Ya, gadget adalah solusi praktis untuk semua perlengkapan itu. Gadget bisa menjalankan semua fungsi itu. Dengan gadget kita bisa menulis, memotret, dan merekam semua lintasan ide yang ada. Nah, praktiskan?

Jadi, kalau kita merasa malas membawa banyak barang untuk mengikat lintasan ide, cukup bawa sebuah gadget sebagai peralatan tempur. Semua lintasan ide dan sumber inspirasi bisa diikat dengan satu peralatan tempur ini. Namun, bukan berarti kita harus mengesampingkan peralatan tempur lainnya. Mungkin ada waktunya kita membutuhkannya.

OK belovers, sekian tips menulis kita kali ini. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

ruang kerja sgb tempat menulis favorit

Temukan Tempat Menulis Favoritmu!

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi mood menulis. Salah satu diantaranya adalah tempat ...