Situs Saya / Blogging / Tips dan Ramuan Rahasia agar Semangat Menulis

Tips dan Ramuan Rahasia agar Semangat Menulis

Menulis merupakan salah satu sarana yang menjadikan hidup lebih istimewa karena bisa mengungkapkan seluruh curahan hati dan perjalanan hidup yang kita alami. Dengan menulis kita bisa menjelajahi dunia namun semua butuh semangat untuk membuat sebuah tulisan. Semangat dalam menulis bukan cara untuk mendapatkan hasil tulisan yang aktif dan produktif namun setidaknya bisa menjadi salah satu faktor mendongkrak semangat untuk selalu menulis dan terus menulis. Semangat menulis juga harus selalu dipupuk agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan produktif.

tips menulisTulisan yang baik dan benar harus kita latih dan berusaha semaksimal mungkin agar mempunyai tulisan yang berbobot. Itu yang harus dipelajari ketika semangat menulis sudah terjaga dan terpelihara. Karena menjadi penulis merupakan satu pilihan yang luar biasa dan tidak banyak orang yang bisa. Selain itu, akan mendongkrak kreatifitas dan imajinasi untuk diolah sebaik mungkin dan berbeda untuk menjadi sebuah tulisan. Menulis juga bisa mendorong diri sendiri dan orang lain yang membaca tulisan kita untuk sadar diri, mengubah pola hidup yang lebih baik dan menjadi inspirator dalam menjalani kehidupan.

Banyak kelebihan yang bisa kita lihat dari seorang penulis ketika menuliskan karyanya dengan semangat dan tekun. Salah satunya mempunyai ciri khas dari tulisan yang dihasilkan, mempuanyai pemikiran yang matang, logis dan sistematis dalam artian ide dan inspirasi selalu muncul serta segera untuk dituangkan lewat tulisan. Terdorong untuk selalu mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas agar tulisan yang diciptakan dan dihasilkan bisa lebih berkembang dan mempunyai daya bobot serta harga jual yang tinggi.

Menulis itu tergantung niat masing-masing individu. Alangkah baiknya kita niat menulis agar bermanfaat dan membawa keberkahan bagi diri sendiri dan orang lain serta sadar dan tergugah atas tulisan kita. Masalah hasil yang kita dapat dari menulis jangan sampai menjadi tolak ukur untuk dijadikan patokan. Maka dari itu, penulis harus mempunyai profesi terlebih dahulu agar ketika menulis tidak terbebani dan mengejar penghasilan serta bisa menjaga semangat di dalamnya.

semangat menggapai prestasi

Semua erat kaitannya dengan semangat menulis. Ada beberapa tips untuk semangat dalam menulis, diantaranya:

  1. Tulislah apa yang ingin kita tulis entah itu berbentuk apapun. Yang terpenting bisa menulis terlebih dahulu masalah editing atau jenis karya itu belakangan.
  2. Tulislah pengalaman-pengalaman kita untuk berbagi dan bermanfaat kepada orang lain. Dengan menulis pengalaman kita, secara otomatis tumbuh semangat untuk menuliskannya.
  3. Aktif di jeajring sosial seperti facebook, twitter, blog dan yang lainnya. Secara tidak langsung kita sudah menerapkan dan mengungkapkan isi hati dan pikiran kita lewat tulisan yang kita posting atau kita bagikan.
  4. Membaca buku yang membuat kita semangat dalam menulis. Dorongan yang paling kuat dan hebat adalah membaca dan menelaah seluruh jenis buku baik itu online atau berupa cetakan lalu segera untuk menerapkan inspirasidan ide dari isi buku tersebut.
  5. Aktif di berbagai komunitas kepenulisan baik secara offline atau online. Tanpa sadar ketika kita sudah masuk dalam sebuah komunitas, kita akan terdorong lewat sharing atau diskusi dengan teman serta prestasi yang mereka miliki. Dari situ, kita sudah tidak kuat untuk menahan apa yang kita rasakan dan karya akan muncul dengan semangat untuk mendapatkan hasil yang terbaik..

Semangat menulis harus dijaga sebaik mungkin. Jika ada masalah yang menurunkan semangat kita, segera untuk diselesaikan dan dihilangkan. Tanamkan dalam hati untuk selalu semangat dan semangat menulis karena lewat menulis kita merdeka.

Ada sedikit ramuan yang membuat saya aktif untuk menulis:

Saya menanamkan bahwa menulis itu adalah sebagaian dari hidup saya. Lalu saya terapkan dengan membuat tulisan, baik berupa artikel, puisi, cerpen atau curhatan sesuai keinginan. Tak lupa saya membaca tulisan dari teman-teman di beberapa komunitas atau media baik online maupun offline untuk mengetahui kekurangan tulisan saya. Berdiskusi dengan teman untuk mengembangkan tulisan saya.

Terget! Ituyang saya terapkan setiap harinya untuk menulis. Mencari wadah untuk target saya. Seperti blogekstra, media massa dan event-event yang ada di media sosial. Tak lupa saya selalu menyemangati diri saya dengan membaca dan menelaah karya teman atau orang lain yang selalu masuk di media dan aktif di media. Tak lupa saya selalu berdoa semoga lewat tulisan, hidup saya menjadi bermanfaat dan sejahtera serta sukses dunia dan akhirat.

*Artikel ini dibuat oleh TOP POSTER Oktober 2014, info lengkapnya klik disini

**Sumber gambar:

  • http://blog.ub.ac.id
  • http://anggakomnoltujuh.wordpress.com
  • http://nurullatifahfahmi.wordpress.com

 

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...