Situs Saya / Neti Suriana

Neti Suriana

  • Hai Belovers, sudah punya rencana mau masak apa untuk menu makan siang keluarga hari ini? Hmm..panas-panas begini pastinya lebih pas menyajikan menu yang segar dan berkuah. Sebab, cuaca yang panas cenderung […]

  • Sudahkah Anda terbiasa sarapan pagi sebelum beraktivitas? Seringkali orang mengabaikan sarapan pagi karena berbagai alasan. Mulai dari tidak selera, repot, tidak sempat dan berbagai alasan remeh lainnya. Padahal, […]

  • sdh ada dan byk bahkan hasil penelitian yg menunjukkan bahwa biji pepaya mengandung zat antikolestel. salah satunya adalah kandungan saponin dalam ekstrak biji pepaya yang dapat menurunkan kadar kolesterol melalui […]

  • Botol bekas air mineral rasanya sayang dibuang begitu saja. Botol-botol plastik ini rasanya akan lebih bermanfaat jika digunakan lagi untuk berbagai keperluan. Apalagi botol plastik bekas air mineral sekarang […]

  • Belovers, pernah mendengar larangan memanaskan sayur bayam yang sudah terlanjur dingin? Mengapa sayur bayam yang terlanjur dingin tidak boleh dipanaskan lagi? Benarkah sayur bayam yang dipanaskan berulang bisa […]

  • Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengapa madu sangat berkhasiat ada baiknya membaca tulisan ini. Sebab, khasiat madu sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi penting yang banyak terdapat dalam madu. […]

  • Mungkin diantara Belovers ada yang bertanya-tanya mengapa madu sangat berkhasiat? Ya, bukan rahasia lagi bahwa madu merupakan cairan yang sangat berkhasiat. Dari zaman dahulu hingga detik ini, khasiat madu masih […]

  • Belovers, kolesterol seringkali dijadikan sebagai kambing hitam di balik berbagai penyakit degeneratif yang menyerang manusia. Apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? Mengapa kolesterol selalu dikaitkan dengan […]

  • Cara membuat kroket mie keju – Menyiapkan bekal bagi si kecil terkadang gampang-gampang susah. Rutinitas menyiapkan bekal untuk si kecil seringkali menimbulkan momok bagi ibu. Apalagi, anak-anak terkadang gampang bosan dengan menu yang itu-itu saja. Sebagai seorang ibu, Anda tentunya perlu membuat variasi menu untuk bekal si kecil. Agar si kecil tidak bosan dan selalu senang dengan menu bekal yang Anda siapkan untuk mereka.
    Bekal untuk Si Kecil
    Kroket Mie KejuMenyiapkan bekal sekolah untuk si kecil pada dasarnya tidak sekedar menyediakan menu snack atau makanan saja, Karena, kalau hanya sekedar snack atau makanan kecil, toh anak bisa mendapatkannya dengan mudah di warung sekolah. Akan tetapi, menu bekal untuk si kecil haruslah memenuhi beberapa kriteria berikut, yaitu:
    –          Sehat
    Syarat pertama untuk menu bekal si kecil adalah sehat. Ini adalah syarat yang mutlak. Karena, salah satu alasan mengapa kita repot-repot menyediakan bekal untuk si kecil adalah karena kita ingin memastikan anak-anak mengkonsumsi menu yang sehat di sekolah. Nah karenanya, ketika menyiapkan menu kita perlu memastikan bahwa menu tersebut sehat dan bergizi.
    Untuk memastikan menu bekal yang disiapkan sehat dan bergizi harus dimulai dari memilih bahan-bahannya. Pastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang sehat berkualitas tinggi. Hindari penggunaan pewarna dan pengawet sintetis yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Kemudian perhatikan juga proses pengolahannya. Pastikan, proses pengolahan makanan hegienis dan tidak menghilangkan nilai gizi dari bahan-bahan yang diolah.
    –          Gampang mengolahnya
    Mungkin sebagian dari kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan bekal si kecil. Solusinya, sediakan menu-menu yang praktis dan gampang untuk diolah. Yang pasti tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya. Atau menu-menu yang bisa dibuat setengah jadi terlebih dahulu, kemudian paginya tinggal digoreng atau dikukus. Jadi lebih praktis, ya seperti kroket mie keju ini.
    –          Unik
    Membawa bekal dari rumah seharusnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak. Nah, agar si kecil selalu bersemangat membawa bekal, siapkan bekal yang unik untuknya. Bekal dengan bentuk dan rasa yang unik, membuat anak bangga menunjukkan bekal tersebut dengan teman-temannya. Secara tidak langsung hal itu juga akan memotivasi teman-temannya untuk membawa bekal juga dari rumah. Dan akhirnya anak-anak jauh akan lebih menyukai bekal yang dibawa dari rumah dari pada jajan.

    Cara Membuat Kroket Mie Keju
    Untuk membuat kroket mie keju, kita perlu menyediakan dua jenis bahan, yakni bahan utama dan bahan pelapis. Adapun bahan-bahan utama yang dibutuhkan yaitu:
    –          100 gram mie kering, rebus dan tiriskan
    –          50 gram mentega
    –          ½ buah bawang bombai, iris kasar
    –          50 gram tepung terigu
    –          250 ml susu cair
    –          75 gram keju, parut
    –          50 gram wortel, potong dadu dan rebus beberapa saat
    –          50 gram kacang polong
    –          ½ sdt garam
    –          ¼ sdt pala bubuk
    –          ¼ lada bubuk
    –          ½ sdt gula pasir
    –          ½ sdt kaldu ayam bubuk
    –          Minyak goreng untuk menggoreng
    Selanjutnya, sediakan juga bahan-bahan pelapis seperti di bawah ini:
    –          50 gram tepung terigu
    –          2 butir telur
    –          125 gram tepung terigu
    Setelah semua bahan tersedia selanjutnya kita bisa langsung membuat kroket mie keju. Bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!
    Pertama kita siapkan terlebih dahulu adonan utamanya. Lelehkan margarin untuk menumis bawang bombay. Tumis bawang bombai hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan tepung terigu, aduk hingga menggumpal. Kemudian tuangkan susu cair sambil diaduk dengan cepat. Masak hingga adonan mengental dan permukaan adonan meletup-letup.
    Selanjutnya masukkan parutan keju, wortel, kacang polong, garam, pala, lada, gula dan kaldu bubuk dan mie, sambil terus diaduk rata. Masak terus adonan hingga matang, angkat dan dinginkan.
    Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat-bulat atau sesuai selera. Lumuri adonan dengan tepung terigu, celupkan ke dalam putih telur dan terakhir lumuri dengan tepung roti. Buat hingga seluruh adonan habis dan simpan dalam lemari pendingin hingga beku. Selanjutnya, bola-bola kroket bisa digoreng kapan pun kita inginkan. Goreng bola-bola kroket dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan kroket mie keju siap disajikan.

  • ThumbnailMenjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Gigi yang sehat adalah modal utama dalam menunjang kesehatan sistem pencernaan makanan dan keindahan wajah. Gigi dan mulut dikatan sehat ketika ia terbebas dari […]

  • Tidak ada kenikmatan yang lebih besar setelah keimanan selain kesehatan tubuh dan kesempurnaan organ tubuh, terutama panca indra. Mata adalah salah satu dari lima panca indra yang dimiliki oleh manusia. Mata merupakan jendela bagi kita untuk melihat dunia dan seluruh isinya. Tanpa mata, yang ada hanyalah kegelapan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata dengan baik adalah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar.
    Kesehatan MataNikmat sehat terkadang melenakan. Saat sehat kita seringkali lupa untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata. Hal ini terlihat dari kebiasaan-kebiasaan buruk merusak kesehatan yang sering kali kita lupakan. Seperti misalnya terlalu sering menggosok-gosok mata, membaca dengan jarak terlalu dekat, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini sebaiknya dihindari agar tidak merusak mata.
    Pertanyaannya adalah apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata? Nah, dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:
    Periksa Mata Secara Teratur
    Memeriksa mata secara teratur penting dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan penglihatan sedini mungkin. Karena, semakin dini gejala gangguan kesehatan mata diketahui maka upaya pengobatannya pun akan semakin mudah untuk dilakukan.  Idealnya, pemeriksaan mata secara rutin dilakukan setiap 2 tahun sekali bagi orang dewasa. Sementara, untuk anak-anak dan lansia sebaiknya dilakukan setiap satu tahun sekali.
    Perhatikan Beberapa Hal Berikut Saat Membaca
    Anda hobi membaca? Itu hobi yang sangat bagus. Tapi Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan mata. Aktivitas membaca menuntut mata bekerja lebih ekstra, karena harus mengamati huruf demi huruf dalam tulisan yang relatif berukuran kecil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:

    Pastikan jarak antara mata dan tulisan yang Anda baca tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Letakkan buku yang Anda baca pada posisi yang nyaman saat membaca. Minimal jarak tulisan dan mata lebih kurang 30 cm.
    Gunakan pencahayaan yang cukup saat membaca.
    Hindari membaca di tempat yang menyilaukan pandangan.
    Hindari membaca dengan posisi berbaring ataupun telungkup. Sebaiknya, membacalah sambil duduk dengan posisi punggung tegak.

    Istirahatkan Mata dengan Cukup
    Mata akan cepat lelah dan kering jika dipaksa fokus terlalu lama. Apalagi jika melihat objek dengan intensitas pencahayaan terlalu tinggi. Misalnya saat membaca, menulis, menjahit, menggunakan monitor, melihat objek yang jauh dan sejenisnya. Nah, agar mata tidak cepat lelah dan kering, pastikan Anda memberi kesempatan istirahat sejenak pada mata. Alihkan pandangan Anda dari objek yang diamati. Beri kesempatan mata untuk melihat objek yang jauh dan dekat secara bergantian untuk mengembalikan kelenturan otot mata.
    Gunakan Kaca Mata Pelindung
    Kaca mata pelindung berfungsi untuk melindungi mata dari pengaruh lingkungan yang ekstrim. Seperti cahaya yang menyilaukan, debu, air, zat-zat kimia dan hal-hal lain yang dapat membahayakan kesehatan mata. Jika aktivitas yang Anda lakukan rentan berhubungan dengan hal-hal tersebut, sebaiknya gunakan kacamata pelindung. Beberapa aktivitas yang mungkin membutuhkan kaca mata pelindung misalnya:

    Bekerja di depan monitor terlalu lama
    Bekerja dengan zat-zat kimia berbahaya.
    Menjalankan alat-alat listrik atau menggunakan apai, seperti menggunakan alat/mesin las.
    Olahraga tertentu seperti renang di kolam renang yang mengandung klorin.
    Berjalan di bawah sinar matahari terik.

    Tapi perl diingat, jenis kaca mata yang digunakan untuk setiap aktivitas tersebut di atas berbeda-beda.
    Hindari Menggosok-gosok Mata
    Sebaiknya hindari kebiasaan menggosok-gosok mata untuk mengeluarkan benda asing yang masuk. Karena hal tersebut bisa menyebabkan mata menjadi merah dan mengalami iritasi. Sebaiknya, untuk mengeluarkan benda asing yang masuk dalam mata bisa dilakukan dengan mengedipkan mata ataupun mencuci mata dengan air dingin. Jika belum berhasil, ada baiknya minta pertolongan dokter.
    Demikian informasi tentang tips menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

  • ThumbnailDalam hidup kita terkadang harus menempuh jalan-jalan yang sulit. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga kita harus tersesat pada jalan buntu. Jalan yang tidak mengantarkan kita ke mana-mana. Tapi, jalan yang […]

  • ThumbnailMungkin Anda sering mendengar istilah penyakit degeneratif. Sebuah istilah medis yang semakin populer dewasa ini. Gaya hidup masyarakat modern yang serba instan dan jauh dari gaya hidup tidak sehat memicu semakin […]

  • Neti Suriana menulis tulisan baru, Cara Membuat Pizza di Rumah, pada situs Kuliner 3 tahun lalu

    ThumbnailCara membuat pizza – Ingin menikmati sepiring pizza di hari libur ini? Sepertinya lebih asyik lagi menikmati sepiring pizza hasil kreasi sendiri kan? Ya, mengapa tidak dimanfaatkan saja liburan akhir pekan ini […]

  • ThumbnailManfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit – Tomat, sepertinya buah satu ini sudah tidak asing lagi. Tomat sering dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, salad ataupun digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan […]

  • ThumbnailBahaya radiasi sinar ultraviolet – Sinar matahari merupakan anugerah terbesar dari Allah swt untuk mahluk hidup di bumi ini. Sinar matahari merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup. Selain […]

  • ThumbnailCara Cepat Menurunkan Kolesterol – Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak dalam sel darah manusia, yaitu lemak hewani yang tidak larut dalam air. Kolesterol menempati komponen terbesar dalam darah. […]

  • ThumbnailCara mengobati bisul – Bisul (abscessus) pada dasarnya bukan jenis penyakit yang berbahaya. Namun demikian,  serangan penyakit ini sangat mengganggu. Menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian bisul.  Hal ini […]

  • Muat lagi