Situs Saya / Nastain Achmad

Nastain Achmad

  •  Membentuk kepribadian merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan diri sendiri agar lebih berkembang dan mulai mengerti serta mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita. Sebenarnya k […]

  • ThumbnailSelamat pagi teman-teman blogekstra.com. Puji syukur saya masih diberi kesempatan menjadi Top Poster untuk kedua kalinya. Sebenarnya saya menuju dan meraih Top Poster itu butuh perjuangan, tantangan, konsistensi […]

  • Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menangani kelemahan karena memang suatu kelemahan adalah sifat yang kurang dari diri kita. Cara pertama, dengan selalu mengakui kekurangan kita. Cara kedua, mencari solusi […]

  • Lanjutan dari “Mengenal Dasar-Dasar Akhlak Itu Penting! (Bagian 1)“. Tuntunan dan dasar-dasar akhlak bagian selanjutnya adalah sebagai berikut:
    4. Akhlak Terhadap Orang Tua
    Akhlak terhadap orang tua berarti kita […]

  • Dasar-dasar akhlak kita bisa jabarkan pada kata akhlak yang berarti tata krama dan menurut pandangan islam akhlak adalah suatu tuntunan yang diberikan Nabi Muhammad SAW yang berisi tentang bagaimana berperilaku […]

  • Melanjutkan artikel sebelumnya, Pentingnya Mengembangkan Sifat Sukses (Part 1), sifat-sifat yang harus kita kembangkan untuk menuju jalan kesuksesan yang selanjutnya adalah:
    6. Berani
    Orang yang berani pasti […]

  • yang saya maksudkan bayam yang mengandung tinggi aklori jika bayam tersebut di masak.

    yang kedua, tahu mentah yang sudah digodok dalam air yang masak terlebih dahulu.

    yang ketiga, susu segar seperti susu […]

  • Hidup yang menyenangkan tidak cukup bagi kita sebelum menemukan kesuksesan di dalamnya. Sifat sukses yang harus kita capai dalam hidup agar perjalanan kehidupan kita tumbuh menjadi manusia yang berhasil dan tidak […]

  • Terima kasih bang dan maaf atas kesalahan saya. Setiap artikel abang mantap-mantap dan mudah untuk dipraktekkan.

  • sebelumnya maaf ada beberapa huruf yang salah ketik dan ejaannya tidak efektif. tolong diteliti kembali. sumbernya dari mana banga ya?

  • Ini adalah lanjutan dari artikel mengembangkan sifat baik yang telah dibahas kemarin pada artikel Kembangkan Sifat Baikmu! (Part 1), sbb:
    7. Bening Hati 
    Bening hati berarti selau berprasangka positif dan baik. […]

  • Sifat baik adalah sifat yang mencerminkan diri dalam hal positif dan kebaikkan. Sifat yang menumbuhkan rasa bahagia, tenang dan damai pada orang lain dan mereka suka pada sikap kita. Orang menilai kita dilihat […]

  • Menanamkan kesan merupakan suatu cara yang kita usahakan untuk orang lain agar setiap kehadiran dan kedatangan kita di suatu tempat menjadi berharga bagi mereka. Tidak semua hal akan menimbulkan kesan. Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan kehadiran kita lebih berarti di mana pun kita berada dan apapun yang kita lakukan.
    Kita ambil contoh saja dalam menanam kesan dengan orang lewat perkenalan. Ketika kita akan berkenalan dengan orang lain pasti orang tersebut sudah memberikan kesan tertentu yang dapat menilai kehadiran kita berdasarkan cara mereka. Suatu kesan akan ditangkap orang lain selama sepersekian detik. Maka dari itu, ketika kita akan berkenalan dengan orang lain jangan sampai mimik muka kita menimbulkan efek negatif pada orang yang akan kita ajak kenalan. Gunakan senyuman dan rasa percaya diri tanpa ada beban ketika kita akan berkenalan. Begitu pula ketika kita sudah berjabat tangan, berikan sentuhan lembut dengan bertegur sapa, sopan dan segera mengakrabi mereka dengan membahas suatu hal yang membuat mereka tertawa atau senang.

    Jika kita mempunyai kepribadian yang mengesankan maka kita akan bisa meninggalkan kesan yang baik. 

    Pembentukkan dan memaksakan kesan pada diri itu tidak bisa dilakukan. Jika kita mempunyai sifat dan sikap dalam hati yang positif dan baik, maka kebaikkan yang ada dalam hati kita akan terpancar ke luar menjadi perilaku dan perbuatan positif dan baik yang kita lakukan. Dengan secara otomtis kita tidak susah payah atau berpura-pura untuk menanam dan mendapatkan kesan yang baik. Begitupun dengan kesan yang dibuat-buat tidak akan berjalan dengan lancar dan hanya menimbulkan masalah saja. Kesan yang berasal dari dalam hati pasti menumbuhkan perasaan dan perbuatan yang tenang dan nyaman untuk orang lain bahkan masyarakat luas.
    Maka dari itu mendapatkan kesan yang baik tidak dilihat dari kecantikan dan ketampanan dari luar namun kecantikan dalam hati. Jika kita ingin mempunyai pribadi yang mengesankan, kita harus menata hati dan jiwa agar menjadi bersih dan bening serta selalu berfikir positif. Di situ kita pasti menjadi pribadi yang mengesankan dan mempesona.
    Ada cara ampuh untuk menanamkan kesan dalam diri kita, antara lain:

    Berani untuk memulai dan mengawali perkenalan di mana pun kita berada karena orang yang mengawali perkenalan akan lebih terkesan dan dirasakan setiap kehadirannya.
    Harus menghargai orang yang kita temui. Entah itu dalam keadaan apapun. Jangan sampai sedikit saja walaupun dalam hati untuk mengejek atau berfikiran negatif pada mereka.
    Berperilaku ramah di mana pun kita berada. Dengan siapa pun kita berinteraksi. Bisa bijaksana  ketika dengan orang yang berumuran di bawah kita dan orang yang tua dari kita.
    Harus mempunyai sikap sabar dan jangan sekali-kali berkomentar atau berprasangka dengn hal yang buruk karena sikap sabar lebih mengesankan dan menimbulkan sikap nyaman di hati orang lain.
    Selalu berbusana rapi dalam berbagai acara karena busana akan menumbuhkan kesan kepada orang lain.
    Menjaga perilaku yang sesuai aturan dan sopan karena akan menjadi penilaian orang lain dalam menumbuhkan kesan.
    Menjaga tata krama dan tingkah laku kita.
    Selalu tersenyum karena senyuman merupakan satu simbol keramahan, membuat kedamaian dan perbedaan yang baik di hati orang lain.
    Berprestasi sebagus dan sebanyak-banyaknya dalam hal apapun. Karena orang yang berprestasi akan lebih dihargai orang lain
    Berkarya dalam bidang apapun asal asli dan orisinil karena karya kita akan dibaca oleh orang lain dan akan menimbulkan kesan yang baik jika karya kita jujur dan tidak menjiplak.

    Memang menanamkan kesan pada diri butuh proses panjang, yang terpenting kita harus bisa menata hati yang bening, positif dan selalu berbuat baik. Maka kesan akan tumbuh dengan sendirinya.

  • Penyakit radang merupakan suatu penyakit yang sering terjadi di bagian tenggorokan, paru-paru, amandel, kulit dan masih banyak yang lainnya. Dalam pembahasan ini penyakit peradangan yang akan dibahas yaitu […]

  • Jangan mudah berjanji kepada seseorang jika tidak bisa melaksanakannya. Walaupun janji tersebut kita sanggup untuk melaksanakannya namun hati-hati dengan janji karena akan membuat kita terbebani dan menyesal di […]

  • Menyembuhkan maag secara alami dan tradisional merupakan cara yang paling ampuh untuk penyakit akut dan kronis ini. Karena penyakit maag berawal dari pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat, mengunyah […]

  • Narkoba? No!, itu yang harus kita kecamkan untuk diri sendiri dan hindari betul-betul untuk tidak menjadi pengguna bahkan menyentuhnya sekalipun. Terutama untuk kalangan generasi muda jangan sampai sedikit pun […]

  • Berakhlak mulia merupakan cerminan dari kepribadian kita yang baik dan benar sesuai dengan aturan dan kaidah untuk menjalani hidup yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Mari kita bersama-sama belajar untuk […]

  •                 Menghilangkan kejenuhan harus cepat diberantas karena jenuh dalam hal ini bukan gara-gara aktivitas yang terus menerus kita lakukan namun jenuh dalam arti, tidak mempunyai penyemangat hidup dan selalu sendiri. Walaupun sudah ada pekerjaan atau kegiatan yang layak jika masih sendiri pasti akan merasakan kejenuhan dan tidak ada semangat dalam menjalani suatu pekerjaan. Maka dari itu jangan sampai diantara kita dilanda rasa jenuh hanya gara-gara seperti ini. Biasanya kejenuhan ini melanda para kalangan remaja dan muda yang belum mempunyai pasangan hidup dan pendamping hidup serta menjadi tekanan bathin yang mendalam dalam dirinya. Jangan sampai terhanyut dan terlena.
                     Sebaiknya ketika kejenuhan melanda dan rasa sepi menjelma kemarahan atau kegalauan serta kegundahan hati, sebaiknya kita segera untuk menyibukkan diri kita dengan kegiatan dan aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi diri kita, itu slah satu cara menghilangkan kejenuhan. Walaupun tidak ada hasil berupa materi yang terpenting kita sudah menempatkan diri untuk tidak terhanyut dalam kejenuhan dan membuat hati selalu bahagia dan senang.
     
    Ini ada beberapa trik yang harus kita lakukan untuk menindaklanjutinya, yaitu:

     –          Mengisi waktu untuk orang tua dan keluarga
    Dalam hal ini kita lebih dapat bergerak untuk beraktivitas bukan hanya sedih dan galau karena sepi dan sendiri. Membantu orang tua juga kewajiban kita. Saling berkomunikasi dengan keluarga supaya lebih dekat dan hubungan semakin harmonis dan kejenuhan tidak akan datang lagi.
     –          Mengisi waktu untuk liburan dan hiburan
    Jika kejenuhan sudah di tingkat tinggi, segera untuk mencari tempat yang nyaman dan suasana baru. Dengan mengunjungi tempat wisata, jalan-jalan ke pantai, gunung dan tempat yang membuat semangat kita terbangun dan menghilangkan kesepian dan kejenuhan kita. Selain itu, seringlah untuk memberikan hiburan ketika rasa jenuh melanda. Dengan mendengarkan musik, membaca atau hiburan yang lainnya.
     –          Menyalurkan hobi
    Hobi merupakan hal-hal yang kita sukai. Sudah terbukti 100% jika kita melakukan hal-hal yang kita sukai tanpa ada beban maka rasa jenuh dan sepi akan hilang dan lebih baik lagi. Buktikan!
     –          Membuka hati 
    Biasanya rasa jenuh dan sepi tumbuh karena masa lalu yang rumit dan menghancurkan hati. Selain itu, belum menemukan hati yang pas dan tepat untuk kita. Langkah awal yang baik yaitu menenangkan diri dan siap untuk membuka hati serta memulai dengan kehidupan yang baru dan semangat yang baru. Jangan sampai terkungkung dengan masa lalu, sedih dan kejenuhan diri. Karena memang masa lalu merupakan sebuah proses pembelajaran untuk lebih bijaksana dan dewasa serta berhati-hati dalam menjalani sebuah hubungan. Namun kita harus bisa bijaksana dalam memilih pasangan yang baru dan bisa mengerti kita.
    Dalam hal memilih pasangan itu tergantung individu masing-masing. Alangkah baiknya, pilih pasangan yang selalu terbuka, saling memahami, berbagi dalam berbagai masalah dalam hal apapun. Karena akan mempengaruhi untuk kita yakin atau tidak serta dapat menumbuhkan kembali kebahagiaan dan menghilangkan kejenuhan serta kesepian di hari-hari kita.

    –          Merencanakan masa depan
    Kejenuhan juga datang ketika patah hati dan tidak jodoh karena sesuatu hal diantara pasangan kita. Jangan terlalu dipikirkan sampai-sampai masa depan ikut terbelah dan berantakan. Kita pasrahkan pada Tuhan dan yakin bahwa Tuhan mengatur yang  terbaik. Kita harus bisa bijaksana dalam menyikapinya. Bangun lagi masa depan dengan merencanakan sebaik mungkin dan selalu berfikir positif dalam langkah tegas dan pasti. Sibukkan diri untuk merencanakan dan melaksanakan masa depan yang lebih baik. Jangan terbayang-bayang masa lalu yang hanya menjadi hambatan.

    “Kehidupan akan berwarna jika mempunyai masa depan yang cerah dan berusaha untuk menggapainya”

    –          Mendekatkan diri pada Tuhan
    Ini jalan yang paling ampuh yang harus kita lakukan untuk selalu berdo’a dan bersujud pada Tuhan. Selalu berifkir positif bahwa kejenuhan dan kesedihan yang ada akan hilang dan Tuhan akan memberikan jalan lurus dan terang bagi kehidupan kita. Dengan berdo’a, kita sudah meniti jalan untuk menggapai apa yang kita inginkan. Ikhtiar dan selalu bersyukur apa yang diberikan oleh Tuhan. Maka dari situ, kesedihan dan kejenuhan akan hilang.
    Itulah sedikit trik yang biasanya saya lakukan dan pengalaman dari teman-teman sekitar, semoga bermanfaat dan membawa kita dalam hal-hal positif.

  • Nastain Achmad mengubah gambar profil mereka 2 tahun, 10 bulan lalu

  • Muat lagi