Situs Saya / Blogging / Cara Menulis Artikel yang Baik untuk SEO – By Top Poster

Cara Menulis Artikel yang Baik untuk SEO – By Top Poster

Menulis artikel yang baik bagi SEO bagi sebagian orang adalah satu pekerjaan yang sulit. Namun bagi para publisher, peblogger, dan content writer yang sudah terbiasa menulis, ide menulis artikel yang baik bukanlah hal yang sulit. Kaitannya dengan konten artikel atau blog, sebagian peblogger ataupun publisher sering bertanya-tanya cara menulis artikel yang baik untuk SEO.

Cara menulis artikel yang baik untuk SEO 1

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menulis artikel yang baik untuk SEO. Beberapa hal tersebut di antaranya.

1. Temukan keyword (kata kunci) melalui riset

Jika Anda hendak menulis artikel dan mempostingnya ke dalam blog atau website Anda, Anda perlu meluangkan waktu untuk memastikan bahwa usaha Anda akan mendapatkan perhatian dari mesin pencari, misalnya Google, Bing, Yahoo, dan mesin pencari lain. Cara terpenting agar mendapatkan perhatian dari mesin pencari adalah dengan keyword yang tepat. Untuk mendapatkan keyword yang tepat, Anda dapat melakukan riset dengan menggunakan Google Keyword Planner, SEOBook, dan keyword generator lainnnya. Perhatikan juga tingkat persaingan dari keyword tersebut.

2. Penempatan keyword yang baik

Untuk menulis artikel yang baik untuk SEO, Anda tidak cukup menempatkan keywords dalam artikel Anda sebanyak 2-3% saja. Anda perlu menempatkan keyword utama di judul blog atau artikel, juga di kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dengan melakan ini, keyword akan menonjol saat robot mesin mencari melakukan penelusuran, juga bagi pembaca tentunya. Ingat, bahwa mayoritas pembaca selalu menggunakan mesin pencari dengan frase khusus untuk mendapatkan apa yang ingin mereka cari dari internet. Jadi beri mereka apa yang mereka cari.

3. Tuliskan apa yang menjadi perhatian orang

Menulis artikel yang baik untuk SEO berarti menulis agar mudah dicari oleh mesin pencari. Tak seorang pun yang tahu apa bisnis Anda, sehingga saran atau tips apa yang Anda miliki untuk dibagi dengan mereka? Jika tidak, paling tidak Anda dapat membahas berita-berita yang berkaitan dengan bisnis Anda. Ini akan menjadi poin tersendiri bagi mesin pencari.

4. Buat artikel cukup panjang

Tentu saja, jika Anda membuat artikel baru sebanyak 100 kata itu lebih baik daripada tidak ada artikel baru sama sekali. Namun, mesin pencari cenderung memberikan preferensi pada artikel yang lebih panjang, dengan kata kunci yang sama. Cobalah untuk menulis artikel minimal 300 kata atau, tetapi jika Anda dapat menulis 500 kata atau lebih, lakukan. Namun, jangan lebih panjang dari 1500 kata.  Lebih dari 1500 kata mungkin bagus untuk SEO, tetapi kurang menarik bagi pembaca.

5. Sunting artikel Anda

Satu-satunya perbedaan antara penulis artikel yang baik untuk SEO yang professional dengan orang biasa adalah kemampuan mata untuk mengedit tulisan. Dengan memiliki ketajaman mata melihat mana yang perlu diedit dan tidak adalah hal penting. Jangan sampai Anda menulis paragraf dan kalimat yang terlalu panjang.

6. Optimasi tulisan konten di website Anda

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blogging Anda, ada banyak tool gratis yang tersedia online dalam bentuk plugin. Anda dapat unduh gratis. Plugin-plugin itu dapat membantu optimasi blog Anda.

7. Menjadi agen PR online

Ketika Anda telah menulis dan memposting konten yang fresh di blog atau website Anda sendiri, pekerjaan Anda baru setengah jalan. Langkah terakhir dari penulisan artikel konten yang baik untuk SEO adalah jadilah diri Anda sendiri sebagai agen PR online. Tulis komentar pada blog atau link menuju ke situs Anda. Submit konten Anda ke Digg, Reddit, StumbleUpon ataupun article directory lainnnya.

 

Ketujuh langkah di atas adalah beberapa cara menulis artikel yang baik untuk SEO. Jika konten menarik, keyword banyak yang mencari, dan tingkat persaingan rendah, dapat dipastikan artikel Anda akan segera nongkrong di page one mesin pencari.

*gambar oleh: www.earnformoeny.com & www.seoclerk.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...