Situs Saya / Standar Konten BlogEkstra

Standar Konten BlogEkstra

Kami yakin Anda setuju bahwa alasan kebanyakan orang mengunjungi sebuah blog adalah karena isi/konten blog tersebut. Kualitas konten yang baik membuat pembaca betah berlama-lama menjelajah isi blog tsb. Bahkan mau mengingatnya untuk suatu saat kembali berkunjung dengan sendirinya. Bisa saja ia juga menjadi pembaca setia yang selalu menunggu karya dari penulis favoritnya. Penggunaan istilah Content is King didunia internet marketing sangatlah pantas untuk menggambarkan prioritas pertama yang diberikan kepada konten. Setelah memiliki konten yang baik, maka strategi promosi, layout, dll, barulah menempati urutan berikutnya.

Jika Anda seorang penulis atau blogger, kami setuju tentang kebebasan berekspresi, berkarakter, memiliki sudut pandang serta beropini. Kami mendukung Anda menjadi diri sendiri dan menuliskan apa pun yang ingin Anda sampaikan. Pastikan gaya penulisan Anda membuatnya unik dan menjadi ciri identitas tulisan Anda yang menarik.

Kami juga merasakan terdapat hal-hal lain yang dapat menjatuhkan semangat menulis. Plagiarisme, copas mentah-mentah bahkan tanpa izin, klaim karya orang lain, pelanggaran hak cipta, pencurian identitas, dan lainnya. Jadi harap maklumi kami jika memberlakukan ketentuan yang cukup ketat untuk melindungi semua konten dan penulis kami, serta semua penulis/blogger secara umum.

Bagaimanakah konten yang baik itu?
Baik tidaknya konten adalah relatif sesuai topik serta siapa yang membaca. Tentunya konten yang baik bagi pembaca adalah yang bermanfaat, sesuai dengan kebutuhannya, mudah dibaca dan dimengerti, relevan dan dengan gaya penyampaian yang disukai.

Untuk menyamakan persepsi, kami mencoba memberikan beberapa kriteria dasar konten yang baik, yaitu: bermanfaat, asli/original, mudah dicerna enak dibaca, berkarakter dan bergaya khas, memiliki topik yang jelas, serta relevan dengan waktu kekinian.

Oleh karena itu kami membuat ketentuan untuk penulis mengenai batas bawah konten, yaitu syarat artikel bagaimana yang dapat kami terbitkan:

  1. Tidak melanggar isi ketentuan layanan BlogEkstra secara umum.
  2. Lolos tes duplicate content dan copas. Untuk mengetahuinya dapat menggunakan tool seperti plagiarism checker, copyscape, dll. Minimal 90% original dapat kami proses lebih lanjut. Panduan?
  3. Panjang artikel minimal 400 kata dan dibagi kedalam paragraf-paragraf dengan panjang yang pantas. Panduan?
  4. Disertakan minimal 1 buah gambar yang berhubungan dengan topik bahasan, gambar tidak boleh melanggar hak cipta. Ukuran lebar minimal 300pixel atau sekitar 8cm. Panduan?
  5. Menggunakan bahasa yang dimengerti mayoritas pembaca, penggunaan bahasa daerah atau istilah komunitas tertentu harus disertakan penjelasannya.
  6. Diperbolehkan menyertaakan kutipan dengan catatan harus menyebutkan nama sumber atau websitenya.
  7. Dilarang memberikan link kepada blog/website milik sendiri ataupun orang lain. Blogekstra sudah menyediakan backlink untuk penulis di kotak penulis dibawah semua artikel. Juga link ke profile sosial media penulis. Panduan kotak penulis?
  8. Wajib memberikan profil penulis yang jelas, termasuk photo, nama dan mengisi kotak tentang penulis. Panduannya dapat dilihat disini!

Dengan mengikuti ketentuan diatas, kiriman artikel seorang member dengan level Contributor/Kontributor memiliki kemungkinan sangat besar disetujui untuk diterbitkan. Sedangkan level Authro/Penulis yang memang dapat menerbitkan tulisan secara mandiri, masih perlu memperhatikan ketentuan tsb, jika tidak maka tulisan yang sudah diterbitkannya dapat saja ditarik kembali oleh Editor atau Admin lain.

Lalu bagaimana cara MUDAH membuat konten yang baik?

  1. Menulis tentang topik yang Anda sukai merupakan cara terbaik membuat konten yang baik.
  2. Gunakan gaya sendiri bahkan jika Anda masih pemula dalam menulis, membiasakannya saat menulis akan mengasah karakter menulis Anda. Anda dapat menyimak tulisan-tulisan penulis senior, rasakan tulisan mereka yang begitu mengalir seperti air.
  3. Jika Anda kurang ide, sementara sebuah topik sudah banyak yang membahas, cobalah untuk memberi sentuhan karakter pribadi, opini dan kreatifitas yang membuatnya tetap unik.
  4. Mencantumkan sumber informasi untuk memperkaya tulisan tidaklah dilarang, kurangi seminim mungkin teks asli dari sumber tsb sebagai kutipan. Jika perlu, cukup berikan nama atau website sumber informasi tsb tanpa mengutip teks-nya. Jika Anda terpaksa mengutip banyak teks sumber, usahakan untuk lebih memperbanyak kalimat Anda sendiri, sehingga tidak berkesan hanya menjiplak/copas konten semata.
  5. Buat tulisan Anda mengalir, sehingga pembaca betah lama-lama membaca tulisan Anda sampai habis tanpa terputus karena bosan atau kaku.
  6. Komunikatif adalah salah satu cara menarik perhatian pembaca, saat menulis, anggap Anda sedang berhadapan dengan pembaca. Jika ada komentar untuk tulisan Anda, jangan lupa segera berikan respon dengan baik.
  7. Mengertilah apa yang pembaca ingini, apa yang mereka butuhkan, tapi harus tetap seimbang antara menjadi diri sendiri dan memenuhi permintaan pembaca.
  8. Panjang tulisan idealnya antara 400 hingga 600 kata. Berikan penekanan dengan heading, bold atau italic pada frase yang penting.
  9. Jika Anda penggila SEO, harap diingat beberapa periode lalu penggunaan kata kunci berlebihan justru menurunkan nilai konten dimata mesin pencari seperti Google. Natural saja, semakin berguna tulisan Anda untuk pengunjung, otomatis akan ada kunjungan susulan untuk tulisan Anda selanjutnya.

Harap diingat, pembaca adalah partner terbaik bagi penulis untuk menyampaikan opini, info, pandangan, permintaan dukungan, pengakuan kreatifitas, dll. Maka jadilah partner yang baik untuk pembaca setia Anda.

Halaman ini adalah hasil pemikiran bersama antara pengelola dan member semua. Maka kami selalu terbuka terhadap segala masukan sekecil apapun. Berikan ide dan masukan terbaik dari Anda melalui formulir kontak.

~ Terakhir diperbaharui 14 Oktober 2013 ~