Situs Saya / Komputer / Tips Merakit PC Untuk Pemula

Tips Merakit PC Untuk Pemula


Dunia yang sudah serba komputerisasi ini mengharuskan setiap orang untuk bisa belajar komputer dengan baik. Salah satu keilmuan yang penting juga dalam ilmu komputer adalah cara merakit komputer atau PC. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mengingat masih berperannya PC sebagai faktor terpenting dalam sebuah komputer. Jika Anda masih baru dalam hal ini, tentu membutuhkan beberapa informasi lewat berbagai media yang bisa membantu Anda melakukannya dengan baik.

Tips Merakit PC

image by: prakerinalmuhtadin2013.files.wordpress.com

Sebelum kami memberikan tips merakit PC, Anda harus tahu untuk apa saja ilmu merakit komputer tersebut harus dipahami.

• Untuk pribadi
Sebagai seorang pemula tentu harus membutuhkan pengetahuan dalam cara merakit PC. Hal ini berpengaruh dalam segi keuangan yang Anda miliki. Akan lebih murah jika bisa merakit PC sendiri daripada harus memberikan kerjaan tersebut kepada orang lain. Tentu biaya merakit bisa sangat besar, belum ditambah dengan pembelian komponen pembentuk PC. Jadi dengan mengetahui cara merakit PC, biaya pembelian PC bisa diminimalisir.

• Sebagai sebuah usaha
Jika selama ini Anda kesulitan untuk mencari peluang usaha baik untuk sampingan atau utama, kini saatnya melihat peluang merakit PC. Peluang ini masih tersedia luas bagi para pemula, mengingat hal ini dirasa sulit oleh sebagian masyarakat. Meski sebetulnya mudah untuk dipelajari. Hal ini tergantung keseriusan dan jam terbang Anda dalam mencoba merakit.

• Memperbaharui atau memperbaiki
Jika sudah memiliki komputer, Anda wajib mengetahui isi dan cara merakit PC. Biasanya karena prosesor atau memori yang harus segera diganti untuk kemajuan ilmu yang ingin dicapai. Tentu berbeda PC untuk mengetik biasa dengan PC yang untuk design grafis. Jadi jika sudah tahu caranya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembaharuan tersebut.

Dari penjelasan diatas sudah diketahui kegunaan dari kepintaran untuk bisa merakit PC. Selanjutnya kami berikan tips merakit PC agar Anda tidak salah langkah.

1. Siapkan anggaran
Sebelum membeli komponen untuk merakit PC, sebaiknya Anda siapkan dahulu berapa anggaran untuk keperluan tersebut. Jika masih dapat ditambah, lebih baik dilebihkan karena hal itu mempengaruhi kualitas komponen yang akan Anda beli.

2. Kenali Kebutuhan
Pada beberapa komponen, ada perbedaan yang harus Anda kenali untuk menyiapkan rakitan PC tersebut. Anda harus menentukan untuk apa PC tersebut digunakan. Jika untuk design grafis, tentu berbeda komponennya dengan PC untuk office. Jadi tentukan atas dasar kebutuhan apa Anda merakit PC.

3. Cari komponen yang realistis
Pembelian komponen seperti prosesor, power supply dan memori eksternal harus dipertimbangkan dalam segi kualitas dan segi masa updatenya. Jangan sampai anda membeli komponen yang hanya dapat bertahan dalam beberapa bulan saja. Cek juga masa garansi dan ketahanan kualitas komponen, karena akan berpengaruh besar jika Anda berniat menjual PC tersebut.

4. Update teknologi terbaru
Persoalan ini biasanya menyangkut cabang komponen dari motherboard. Dengan mengetahui komponen yang terbaru seperti konektor SATA dan prosesor yang terkini, bisa meningkatkan harga PC yang dirakit tersebut.

5. Jangan tergesa-gesa
Jika sudah mengetahui harga dari setiap komponen PC yang akan dirakit, lihatlah kembali keuangan Anda apakah mencukupi atau tidak. Jika ternyata masih kurang, sebaiknya Anda tunggu sebentar hingga dana tercukupi. Dengan begitu penyesalan tidak akan menimpa Anda di kemudian hari sebagai pemula.

Dengan mengetahui hal tersebut diatas, kini Anda bisa menentukan langkah apa yang harus dipersiapkan untuk bisa merakit PC. Demikian tips merakit PC yang bisa disampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga info yang kami berikan ini bermanfaat.

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

1.jpg

Bagi Pengguna MS Word 2010, Wajib Tahu Kelemahan Microsoft Office 2010

Microsotf Office 2010 sekarang ini menjadi pilihan hampir semua orang untuk mengerjakan… ...