Situs Saya / Komputer / Tips Aman Belanja Laptop Bekas di OLX.co.id

Tips Aman Belanja Laptop Bekas di OLX.co.id


Jika Anda ingin berbelanja laptop secara online, kemungkinan besar situs jual beli barang online pertama yang akan Anda kunjungi adalah OLX.co.id. Alasannya semua sudah pada tahu kan, bahwa situs yang dulunya bernama tokobagus.com ini adalah situs penjualan online nomor satu di indonesia.

Apalagi setelah berniaga.com juga bergabung di olx, maka situs tersebut pasti lebih besar lagi. Menurut saya juga seperti itu. Karena iklan yang muncul di OLX sangat banyak, berarti menandakan bahwa banyak yang menggunakannya.

tips membeli laptop bekas di OLX

Nah, bicara tentang belanja laptop bekas di olx, saya mempunyai tips aman belanja di sana. Ini juga berdasarkan pengalaman pribadi, yang sering bertransaksi jual beli laptop bekas lewat situs tersebut.

Bagaimana tipsnya? langsung saja baca lebih lanjut di bawah ini.

  1. Ketemuan secara langsung

Tips pertama adalah Anda harus ketemuan secara langsung dengan orang yang menjual laptop di olx. Tentu dalam hal ini Anda harus ketemuan dengan orang yang ada di daerah Anda agar lebih mudah.

Tanyakan di mana alamatnya, Anda lah yang harus datang ke sana. Ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa barang yang dijual benar-benar ada dan bukan penipuan.

Saya lebih suka ketemu dengan penjualnya secara langsung dibanding harus belanja secara online. Bukannya apa, karena di olx, semuanya bisa saja terjadi termasuk penipuan. Sebab yang menjual barang adalah orang-orang yang belum kita kenal sebelumnya.

  1. Ajak bertemu di tempat yang aman

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka bertemulah di tempat yang aman agar proses transaksi Anda menjadi lebih mudah. Lebih bagus ketemuan di rumah penjual laptopnya, agar Anda lebih yakin bahwa barang yang dijual tersebut benar-benar miliknya.

Jika tidak bisa di rumahnya, lebih baik Anda menyuruh penjual laptop yang datang ke tempat tinggal Anda. Ingat, jangan pernah ketemuan di tempat yang rawan perampokan.

  1. Cek kondisi laptop di tempat

Namanya juga laptop bekas, pasti ada-ada saja masalahnya. Dapat dipastikan, jika Anda tidak teliti maka Anda pun akan mendapatkan laptop yang memiliki berbagai masalah. Oleh karena itulah Anda perlu jeli untuk mengecek kondisi laptop yang akan Anda beli tersebut.

Yang pertama, perhatikan layarnya. Jika tidak ada tanda-tanda kerusakan, silahkan cek pada bagian tombol keyboard satu persatu. Jika tidak ada masalah, silahkan cek pada audionya. Jika berbunyi, silahkan cek lagi kondisi memory/ram dan harddisk menggunakan software khusus untuk mengetahui jika ada kerusakannya. Dan masih banyak lagi yang harus Anda lakukan pengecekan.

Cek kondisi laptop juga untuk mengetahui bahwa spesifikasi laptop yang akan Anda beli sesuai dengan yang diiklankan. Misalnya laptop merek apa, tipe berapa, ukuran dan tipe memorinya berapa, kapasitas harddisknya berapa, dan lain-lain.

Jika Anda tidak mau ribet, silahkan minta bantuan teman Anda yang  lebih tahu tentang laptop untuk membantu Anda. Jika hasilnya bagus, silahkan lanjut ke tips berikutnya.

  1. Periksa kelengkapannya

Kelengkapan yang dimaksud adalah aksesoris dari laptop tersebut. Dos, kwitansi pembelian, kartu garansi, driver, softcase, mouse dan kelengkapan lainnya jika ada.

Untuk memastikan bahwa itu bukan laptop curian, penting untuk memeriksa dosnya. Di dos tersebut seharusnya terdapat SN ( serial number) sama dengan yang tertera di casing laptop bagian bawah.

  1. Mintalah jaminan garansi

Meskipun laptop yang dijual sudah tidak bergaransi lagi, Anda setidaknya harus meminta jaminan garansi tersebut kepada pemiliknya. Sebenarnya ini untuk memastikan saja, apakah barang yang dijual tersebut benar-benar bagus. Sebab jika itu barang bermasalah, maka penjual tidak akan berani untuk menjamin barang boleh dikembalikan jika ternyata benar-benar bermasalah setelah digunakan.

  1. Simpan kontak dari penjual

Agar Anda yakin dan tenang, Anda perlu menyimpan kontak dari penjual laptop tersebut. Dalam hal ini, nomor HP dan alamat rumah perlu Anda ingat baik-baik. Sebab bukan mustahil Anda akan melakukan komplain terhadap laptop yang Anda beli jika ada masalah. Oleh karena itu, simpan nomor HPnya ya..

Sahabat, berdasarkan pengalaman saya pernah membeli laptop bekas yang ternyata memiliki banyak kerusakan. Dan dari pelajaran itulah saya menjadi lebih berhati-hati lagi untuk belanja laptop bekas. Untuk itu saya ingatkan kepada Anda, berhati-hatilah.

Oke, sekian tulisan singkat tentang tips aman belanja laptop bekas di olx.co.id, semoga bermanfaat..

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Bagi Pengguna MS Word 2010, Wajib Tahu Kelemahan Microsoft Office 2010

Microsotf Office 2010 sekarang ini menjadi pilihan hampir semua orang untuk mengerjakan… ...