Situs Saya / Komputer / Tablet VS Laptop: Mana yang Lebih Baik untuk Pelajar?

Tablet VS Laptop: Mana yang Lebih Baik untuk Pelajar?


Seperti yang diketahui bahwa tablet dan laptop memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika sobat masih menyandang gelar sebagai pelajar atau mahasiswa mungkin kebingungan memilih perangkat mana yang akan digunakan. Karena tidak menutup kemungkinan jika di salah satu universitas atau sekolah mempunyai aturan tersendiri seperti diharuskan membawa perangkat tersendiri jika dalam pelajaran tertentu. Namun, hal yang harus diketahui juga, bahwa setiap perangkat membutuhkan daya dan beban kinerja yang dihasilkan oleh perangkat tersebut.

Tablet VS Laptop: Mana yang Lebih Baik untuk Pelajar

Copyright image by: laptopmag.com

Maka sebelum memutuskan ada baiknya kita memperhatikan beberapa aspek berikut:

Segi Kesehatan

Pada hari kuliah dengan membawa perangkat laptop dan ransel memang akan terasa berat. Apalagi jika ditambah dengan beberapa buku, hardisk, dan aksesoris lainnya. Bila dihitung rata-rata dengan membawa Macbook Pro yang beratnya kurang dari 5kg atau Macbook Air yang kurang dari 3kg. Jika itu dilakukan secara terus menerus tentu akan berdampak pada kesehatan punggung kita. Jadi akan sangat diperhatikan untuk selalu membawa perangkat yang benar-benar diperlukan.

Segi Performance

Daya baterai merupakan masalah yang sering terjadi di kelas, sebagai pilihan pengisian mungkin terbatas, tergantung pada fasilitas yang tersedia.

Daya baterai menjadi masalah utama yang sering terjadi, biasanya di kelas terdapat fasilitas yang tentunya sangat terbatas. Jika dihitung tentunya daya baterai tergantung pada aplikasi yang kita pakai. Proses kinerja antara tablet dan laptop sangat sulit untuk dibandingkan. Mungkin terdapat beberapa perbandingan terhadap operasi sistem dan operasi sistem ini berbeda tentunya seperti sistem operasi laptop atau mobile seperti iOS atau Android. Dengan memakai tablet kita mungkin bisa menggunakan aplikasi yang tidak kalah dengan laptop seperti Office, pengolah data, atau aplikasi editing lainnya. Bahkan untuk sekarang sudah terdapat Google Dirve yang bisa kita coba, karena telah terdapat berbagai aplikasi di dalamnya.

Sayangnya, terkadang aplikasi office saja tidak cukup, terutama ketika sebuah perangkat lunak akan diperlukan seperti aplikasi grafis Photoshop atau Illustrator, bahkan hal lain yang di perlukan untuk pengembangan sebuah web, perangkat lunak seperti Microsoft Visual C, Dreamweaver dan sebagainya yang memerlukan sistem operasi desktop dan membutuhkan memori serta kekuatan prosesor itu sendiri. Satu hal lain yang diperhatikan pula adalah penyimpanan data, karena aplikasi ini dapat menghasilkan file yang besar.

Daya Tahan

Laptop, seperti yang disebutkan sebelumnya, pada saat berkendara, laptop terdapat bagian yang bergerak seperti optik, display, dan komponen-komponen lainnya yang akan lebih cepat rusak. Disisi lain, tablet hampir tidak mempunyai sisi yang bergerak. Ini salah satu keunggulan dibandingkan laptop.

Kenyamanan

Salah satu keuntungan lain dari tablet adalah kenyamanan. Selain itu, produktivitas lain seperti kemampuan untuk menulis langsung pada layar dengan pena stylus dapat dilakukan. Bahkan kita dapat merekam audio dan video jika dibutuhkan. Berbeda dengan laptop jika hanya difokuskan untuk mengetik.

Jadi, Mana yang labih baik?

Satu hal yang harus jelas tentunya bukan tentang perangkat itu sendiri, karena keputusan, kegiatan dan kebutuhan dari setiap orang-orang berbeda. Ketika kita akan memutuskan antara tablet dan laptop, kita harus selalu menilai sendiri karena kedua perangkat tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Dimana laptop mungkin memiliki fitur yang besar dan cocok untuk semua pilihan jika Anda berkutat pada hal yang membutuhkan perangkat tinggi.

Memilih tablet merupakan pilihan bijak untuk pelajar, karena perangkat ini bisa dibutuhkan ketika untuk mencatat atau pengolah kata.

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Bagi Pengguna MS Word 2010, Wajib Tahu Kelemahan Microsoft Office 2010

Microsotf Office 2010 sekarang ini menjadi pilihan hampir semua orang untuk mengerjakan… ...