Situs Saya / Motivasi / Siapkan 4 Hal ini untuk Menyambut Bulan Ramadhan!

Siapkan 4 Hal ini untuk Menyambut Bulan Ramadhan!

Waktu berputar dengan sangat konsisten. Tidak sedetikpun ia berhenti dari perputarannya, dan tidak juga mempercepat laju putaran. Ia berputar dengan kecepatan konstan dari waktu ke waktu. Tidak ada yang bisa mempengaruhi perputarannya. Kecuali Sang Pemilik Waktu menghendaki terjadinya perubahan itu. Dan sekarang, perputaran waktu kembali menghantarkan kita ke gerbang bulan yang sangat dimuliakan dalam Islam, yakni bulan Ramadhan.

Wellcome Ramadhan

Tinggal hitungan minggu lagi kita akan memasuki gerbang Ramadhan. Bulan istimewa yang dihadiahkan oleh Allah Swt bagi Ummat Muhammad. Di bulan ini Allah Swt sudah mempersiapkan begitu banyak rahmat dan keberkahan bagi hamba-hamba-Nya beriman. Mulai dari pahala yang berlipat ganda hingga pengampunan dari semua dosa-dosa. Namun, semua itu tidak diperoleh dengan gratis. Ada ikhtiar ketaatan yang harus diinvestasikan di dalamnya. Nah, untuk bisa mempersembahkan ikhtiar ketaatan yang optimal, tentunya diperlukan salah satunya adalah fisik yang prima. Pertanyaannya adalah, sudahkan kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang mulia tersebut?

Masihkah bertanya-tanya apa yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan? Nah, berikut ini adalah jawabannya!

Pertama: Ruhiyah yang Bening dan Kuat

Ramadhan adalah bulan ibadah, bulan di mana ummat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Bahkan puasa merupakan amal ekslusif yang bersifat wajib bagi setiap orang beriman di bulan Ramadhan. Allah juga menjanjikan pahala berlipat ganda untuk setiap amal kebaikan yang dikerjakan di bulan tersebut.

Yang namanya ibadah, tidak semua orang mau melakukannya dengan penuh semangat. Hanya orang-orang beriman saja yang bergembira menyambut seruan ibadah ini. Merekalah yang ruhiyahnya hidup, bening dan kuat.

Ya, ruhiyah merupakan motor penggerak dalam melaksanakan amal ibadah. Ketika motor penggerak itu kotor dan rusak, maka iya akan sulit untuk dijalankan. Sebaliknya, jika motor penggerak tersebut bersih dan kuat, maka ia akan mampu memompakan semangat untuk beribadah.

Oleh karena itu, sehatkan ruhiyah kita dari sekarang. Kerjakan apa yang wajib, perbanyak amalan sunnah, dan bersihkan hati dengan dzikrullah. Insya Allah, dengan kesungguhan kita dalam mensucikan diri akan memperkuat ruhiyah. Sehingga kita mampu menyambut amalan Ramadhan dengan penuh syukur dan kerinduan untuk bertaqarub pada Allah Swt.

Kedua: Fisik yang Prima

Bulan Ramadhan bukanlah bulan latihan, melainkan bulan pertempuran. Yakni pertempuran melawan hawa nafsu kita sendiri. Untuk bisa memenangkan pertempuran itu, tidak hanya dibutuhkan kondisi ruhiyah yang mantap tapi juga kondisi fisik yang prima.

Sebagaimana dimaklumi, ibadah-ibadah yang kita lakukan dibulan Ramadhan membutuhkan fisik yang prima. Sebut saja ibadah puasa yang merupakan ibadah wajib bulan Ramadhan, tentunya membutuhkan fisik yang prima bukan. Jika tubuh kita dalam kondisi tidak fit, kita akan merasa sangat berat untuk berpuasa. Belum lagi ibadah sholat, baik wajib maupun sunnah di bulan Ramadhan yang bisa mencapai 50 rakaat. Semua itu membutuhkan kondisi fisik yang prima agar bisa dilaksanakan dengan optimal.

Selain itu, bulan Ramadhan tentunya kita juga tetap harus kerja dong? Meski mungkin durasi dan kuantitasnya dikurangi. Nah, bisa dibayangkan bagaimana dalam kondisi berpuasa kita tetap harus menguras energi dan pikiran jika kondisi fisik sedang tidak fit. Tentunya akan sangat tidak nyaman bukan? Nah oleh karena itu, yuk siapkan fisik yang prima menyambut puasa Ramadhan. Agar aktivitas kerja tetap jalan dan ibadah juga lancar!

Ketiga: Ilmu dan Pengetahuan yang Mumpuni

Nah, yang tak kalah penting dipersiapkan adalah ilmu dan pengetahuan yang mumpuni. Khususnya yang berhubungan dengan fiqh ramadhan dan hal-hal yang berhubungan dengan amaliah Ramadhan. Sebab, sebagaimana dimaklumi ilmu dan pengetahuan memegang peranan penting dalam beramal. Ilmu menjadi tolak ukur diterima tidaknya amal di sisi Allah Swt. Karena amal tanpa didasari ilmu tertolak. So, yuk siapkan ilmu yang mumpuni menyambut Ramadhan. Agar amal yang dikerjakan sepanjang Ramadhan tidak sia-sia.

Keempat: Finansial yang Cukup

Mempersiapkan bekal finansial pun sangat diperlukan untuk memasuki bulan Ramadhan. Mengingat, bulan Ramadhan adalah bulan dimana kita dituntut untuk memperbanyak ibadah. Energi dan waktu selama Ramadhan selayaknya ditujukan untuk memperbanyak ibadah. Sehingga porsi energi dan waktu untuk mengejar finansial dikurangi dari hari-hari biasa. Dengan adanya bekal finansial yang cukup, kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan kebutuhan selama Ramadhan lebaran. Selain itu, dalam bulan Ramadhan kita juga dianjurkan untuk memperbanyak infak dan sedekah. Dengan bekal finansial yang cukup tentunya kita akan jauh lebih leluasa untuk menunaikan infak dan sedekah.

Nah, itulah empat hal yang perlu kamu persiapkan pada diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Sudahkah kamu mempersiapkan semua itu? Ramadhan tinggal hitungan hari lho! :)

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 1)

 Membentuk kepribadian merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan diri… … » Baca selengkapnya