Situs Saya / Motivasi / Mengenal Dasar-Dasar Akhlak Itu Penting! (Bagian 2)

Mengenal Dasar-Dasar Akhlak Itu Penting! (Bagian 2)


Lanjutan dari “Mengenal Dasar-Dasar Akhlak Itu Penting! (Bagian 1)“. Tuntunan dan dasar-dasar akhlak bagian selanjutnya adalah sebagai berikut:

4. Akhlak Terhadap Orang Tua

Akhlak terhadap orang tua berarti kita mewujudkan dengan berbagai tindakan. Yang utama adalah harus selalu menghormatinya. Setiap hari jika kita berbicara dengan orang tua harus bersikap sopan, berbahasa yang santun dan usaha betul untuk selalu memenuhi keinginan orang tua dan jangan sampai sekali-sekali untuk menolak dan membantahnya. Apalagi membentaknya. Jangan sampai seperti itu. Karena sebagai perwujudan sebagai balas budi yang mana orang tua kita selalu memenuhi dan mewujudkan apa yang kita inginkan.

Sejak kecil kita sudah dirawat, diasuh dengan rasa kasih sayang dari orang tua mulai dari mengasuh, menjaga, memberikan pendidikan dan selalu bagaimana agar kita bahagia dan sehat. Jika suatu waktu kita mengalami kesalahpahaman dengan orang tua hingga timbul suatu masalah, jangan sampai kita meladeni dan melampiaskan dengan amarah dan nafsu namun sikapi dengan sabar dan selalu mematuhi apa kata mereka. Dahulukan keinginan orang tua. Balaslah kebaikan mereka dengan mencoba membahagiakannya dengan berbagai cara yang bisa kita lakukan.

“Ridho Allah tergantung ridho orang tua”

5. Akhlak Terhadap Diri Sendiri

Akhlak terhadap diri sendiri kita wujudkan dengan memenuhi dan mengatur kebutuhan fisik, akal dan ruhani dengan waktu yang ditentukan serta porsi yang tepat dan pas. Kita berikan asupan mulai dari isik yaitu dengan makan tepat waktu, memberikan vitamin dan protein untuk tubuh. Kemudian akal yaitu dengan selalu menghindari dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan masa depean. Seperti, minum minuman keras, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, menyia-nyiakan waktu dengan bermain-main, berfoya-foya dan masih banyak perbuatan tercela lainnya. Kemudian ruhani yaitu dengan selalu memberikan pencerahan lewat beribadah kepada Allah, mengaji, selalu menanamkan sifat terpuji dalam kehidupan dan masih banyak yang lainnya.

Kita harus menjaga diri dengan baik dan benar. Jika terjadi hal yang buruk terhadap diri kita hanya kita saja yang merasakan dan timbul rasa penyesalan serta kerugian dan kehilangan waktu dan masa depan kita. Jika kita mengatur diri dengan cara yang efektif, maka lebih meningkat perwujudan akhlak terhadap diri kita. Selain itu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Maka kita akan berhasil dan mencapai cita-cita dengan berlandaskan akhlak dan terasa nyaman dan bahagia.

6. Akhlak Terhadap Orang Lain 

Akhlak terhadap orang lain bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu akhlak terhadap orang yang lebih tua dan akhlak terhadap yang lebih muda. Terutama lingkungan sosial yang harus kita hadapi dengan akhlak yang baik dan benar. Terhadap orang yang lebih tua, kita harus memberikan rasa hormat dan mendengarkan nasihat mereka dengan seksama dan sopan. Terhadap orang yang lebih muda, kita harus bisa membimbing, membelajari dan memberikan contoh perbuatan dan tindakan yang baik bagi mereka .

Perbedaan di atas muncul karena kita harus bijaksana dalam memperlakukan setiap orang dengan cara yang beragam dan terbaik. Dengan begitu setiap tindakan, perbuatan dan interaksi kita dengan orang lain akan mendatangkan kebaikkan dan bernilai positif.

Penerapan nilai-nilai dan dasar-dasar akhlak dalam menjalani kehidupan sehari-hari akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan terhindar dari perbuatan yang buruk. Setiap tingkah laku dan perbuatanmu akan selau ternilai ibadah. Selain berbuata baik, kita juga akan mendapatkan pahala atas perbuatan baik kita. 

Selalu tingkatkan nilai akhlak kita dan terapkan dalam kehidupan sehari-sehari.

Semoga bermanfaat!

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

kepribadian-130514041835-phpapp02-thumbnail-4.jpg

Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 1)

 Membentuk kepribadian merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan diri… … » Baca selengkapnya