Situs Saya / Motivasi / Kembangkan Sifat Baikmu! (Part 2)

Kembangkan Sifat Baikmu! (Part 2)


Ini adalah lanjutan dari artikel mengembangkan sifat baik yang telah dibahas kemarin pada artikel Kembangkan Sifat Baikmu! (Part 1), sbb:

7. Bening Hati 

Bening hati berarti selau berprasangka positif dan baik. Akan mempunyai rasa nyaman dalam dirinya dan orang bening hati pasti orangnya cerdas karena bisa menyimpulkan pikiran yang jernih. Orang yang bening hati pasti terampil dalam menghadapi berbagai masalah di pergaulannya, selalu menjadi penengah dan selalu cinta damai. Maka dari itu, ini perlu untuk kita miliki dan tanamkan dalam hati serta terapkan sesegera mungkin.

8. Cerdas

Orang yang cerdas pasti selalu terampil dalam menangani dan mengatasi masalah dan suatu keadaan tertentu. Selain itu, orang yang cerdas pasti akan diperlukan di mana-mana dan disukai dengan siapa saja. Bila ingin menjadi orang cerdas kita harus selalu belajar karena kecerdasan merupakan suatu yang bisa kita pelajari. Dan segera tanamkan sifat cerdas dalam diri kita agar menjadi seseorang yang mempunyai wawasan luas dan dibutuhkan orang banyak.

9. Pengertian

Orang pengertian adalah orang yang bisa memaafkan dan memaklumi sifat dan kekurangan orang lain. Sifat ini perlu sekali dalam menjalin persahabatan, interaksi social. Jika kita sudah mempunyai sifat ini maka tidak mudah kita menilai orang lain serta selalu berhati baik.

Kita harus belajar betul untuk memiliki sifat pengertian. Kita pelajari dengan selalu memperhatikan keadaan orang lain, kita ambil sudut pandang dari orang lain pula. Maka dari situ kita mudah memahami permasalahan  dan memahami perasaan orang lain dengan situasi dan kondisi yang mereka hadapi. Namun perlu diketahui sifat pengertian akan mudah muncul jika sikap sabar sudah tertanam dan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

10. Sabar

Orang yang sabar adalah orang yang bisa menahan emosi dan tidak mudah marah. Ini perlu diterapkan bagi orang yang pemarah agar memunyai sifat sabar. Tanamkan dan terapkan sifat sabar dalam diri kita. Bila sudah mempunyai sifat sabar maka sifat-sifat yang baik lainnya akan tumbuh dengan sendirinya. Seperti pengertian dan jujur. Selain itu, sifat ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan keadaan yang tidak menyenangkan.

Bapak dari sifat tepuji adalah sifat sabar.

11. Rajin 

Orang rajin pasti akan giat dalam bekerja dan mengisi waktunya dengan banyak aktivitas. Selain itu dalam mengerjakan pekerjaan tidak akan mudah terganggu. Maka dari itu tanam dan terapkan sifat rajin dalam kehidupan kita.

12. Rapi

Orang yang rapi adalah orang yang pandai mengatur dalam berbagai hal, masalah dan terutama dalam masalah tempat dan waktu. Orang rapi pasti orangnya suka kebersihan dan dapat dilihat dari segi penampilan. Orang rapi pasti orang tersebut orang yang terampil. Maka dari itu, miliki sifat rapi dalam diri.

13. Terampil

Terampil merupakan sifat yang terbangun dari rajin dan rapi. Sifat ini dimiliki orang yang pandai dalam menangani berbagai masalah. Selain itu, sifat terampil menandakan orang tersebut mempunyai kecerdasan yang tinggi. Sifat ini harus kita miliki dan ditumbuhkan melalui latihan dan banyak belajar. Maka dari itu, jika ingin terampil latih kemampuan dan luaskan pengetahuan kita.

14. Cekatan

Merupakan sifat yang cepat dalam bertindak, efisien dan sigap. Dalam menangani masalah, sifat ini mudah sekali dan cepat. Cekatan pasti menandakan orang yang rajin namun tingkatannya lebih tinggi lagi. Kita harus belajar dalam sifat cekatan. Kita harus cerdas dengan mempunyai banyak kemampuan dan pengetahuan maka sifat cekatan akan tumbuh dengan sendirinya. Jika kita cekatan maka dengan otomatis kita akan mudah dalam menangani masalah dan bisa membuat pilihan pekerjaan untuk kita lakukan.

15. Inisiatif

Orang yang berinisiatif pasti mempunyai sifat berani dalam bertindak dan banyak ide cemerlang. Selain itu, mereka pasti cerdas dan berpengalaman dalam suatu hal. Inisiatif akan muncul dari kejelian dalam melihat suatu peluang. Maka dari itu, tanamkan betul sifat insiatif dalam diri kita.

16. Kreatif 

Kreatif berarti mempunyai banyak ide baru. Orang kreatif pasti akan maju dalam mengembangkan dengan mewujudkan ide, berinovasi dan berorientasi. Tanpa ragu dalam mewujudkannya hingga menjadi nyata dan menghasilkan sebuah maha karya. Biasanya orang sukses memulai di usaha mereka dari sifat kreatif dengan keberanian yang utuh, kreativitas dan usaha maksimal sampai mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, perlu kita miliki sifat kreatif agar kita selalu bergerak tanpa berhenti dalam mewujudkan keberhasilan.

 

Oleh karena itu, kembangkan sifat baik kita agar kepribadian menjadi matang dan selalu bersinar. Dan tanamkan untuk selalu bekerja keras dalam mewujudkan dan menjadikan nyata. Jangan takut! Mulailah dari sekarang!

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Ayo Membentuk Kepribadian Kita! (Part 1)

 Membentuk kepribadian merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan diri… … » Baca selengkapnya