Situs Saya / Komputer / Inilah Kelemahan Windows XP Yang Harus Anda Tinggalkan

Inilah Kelemahan Windows XP Yang Harus Anda Tinggalkan


Saat ini ada banyak kelemahan Windows XP yang semakin mencuat ke permukaan. Kelemahan-kelemahan ini membuat sistem operasi atau operating system ini tak lagi layak untuk dipertahankan. Sebagian dari anda mungkin sudah merasakan sejumlah kendala yang ditemukan terutama dalam hubungannya saat mengakses internet.

Sebagai sebuah sistem operasi komputer, Windows XP mungkin termasuk yang paling popular dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bukan hanya yang versi original saja yang laris manis namun hal serupa juga dialami yang versi tak resmi. Selain fiturnya yang terbilang lengkap, sistem operasi ini juga sangat mudah dipelajari dan gampang digunakan.

Bagi banyak pengguna komputer, berpindah atau berganti suatu software atau program bukanlah hal yang gampang. Anda yang terbiasa menggunakan Photoshop versi 7 yang memang dinilai sebagai program pengolah gambar terbaik, tentu merasa berat jika harus update ke versi CS 8 atau 10. Demikian juga meski program Corel Draw terbaru telah keluar dengan versi 14 mungkin anda akan berusaha untuk bertahan dengan versi 5 yang telah anda kuasai.

Kelemahan Windows XP

Begitu juga saat Microsoft ‘mengistirahatkan’ dan menghentikan dukungannya terhadap Windows XP, tak sedikit pengguna komputer yang menyatakan keberatannya. Inilah beberapa kelemahan Windows XP yang perlu anda perhatikan sehingga anda tak perlu lagi mempertahankan untuk menggunakan sistem operasi yang satu ini.

1. Tak Ada Lagi Support dari Microsoft

Pernyataan resmi yang dikeluarkan Microsoft pada bulan April 2014 seakan menyentak para pengguna komputer di seluruh dunia. Microsoft secara resmi telah menutup dukungannya terhadap sistem operasi yang fenomenal ini dan lagi bertanggung jawab terhadap berbagai kendala atau masalah yang terjadi sebagai kelemahan Windows XP.

Penghentian dukungan terhdap suatu software atau program dari pembuatnya sebenarnya tak mempengaruhi kinerja program itu saat digunakan, khususnya untuk pemakaian standard an tidak berkaitan dengan program atau teknologi lain yang terus berkembang. Karena itulah mungkin masih ada pengguna komputer yang tak ingin meninggalkan Windows XP.

2. Windows XP Makin Rentan Terhadap Serangan Malware

Terhentinya dukungan Microsoft tentu saja membuat Windows XP tak lagi memiliki proteksi maksimal dan akan menjadi sasaran empuk malware maupun virus yang makin merajalela. Meskipun anda memiliki program anti virus, namun hal itu tak akan banyak membantu sehingga terlalu berisiko jika anda masih menggunakan sistem operasi ini untuk komputer anda.

3. Windows XP Tak Lagi Didukung Hardware

Seiring tak adanya lagi dukungan dari Microsoft, produsen hadware maupun software dari pihak ketiga juga tak lagi mendukung keberadaan sistem operasi Windows XP. Apalagi perkembangan teknologi juga terus berkembang, sehingga Windows XP juga terbilang kuno.

Jika anda memiliki komputer dengan based processor 64-bit dan menggunakan Windows XP sebagai sistem operasinya, bisa dipastikan komputer anda tak akan bisa bekerja secara maksimal karena XP hanya mendukung kapasitas RAM maksimal 4 GB dan untuk prosesor 16 bit.

Windows XP

4. Kompatibilitas Windows XP Makin Menurun

Rentannya teknologi terhadap berbagai ancaman dan gangguan mendorong para rodusen untuk menggunakan teknologi yang lebih aman dan lebih protektif. Berbagai website besar umumnya mulai beralih dari http ke https yang lebih protektif. Begitu juga game maupun software bar uterus berkemang menuntut kapasitas hardware yang makin mumpuni.

Jika anda masih memaksakan diri menggunakan sistem operasi Windows XP, maka anda akan makin kesulitan saat digunakan untuk berselancar dan mengakses berbagai website penting. Sebab, kelemahan Windows XP tak menyediakan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi internet, sehingga anda akan kesulitan untuk mengakses google, dropbox, dan berbagai situs yang telah menggunakan https.

Selain itu brbagai game dan software baru juga makin tuntutannya yang tak lagi mampu dipenuhi oleh Windows XP. Itulah berbagai kelemahan Windows XP yang sebaiknya anda perhatikan untuk tak lagi dipertahankan sebagai sistem operasi komputer anda.

Gambar ilustrasi:google-majorgeeks.com

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Bagi Pengguna MS Word 2010, Wajib Tahu Kelemahan Microsoft Office 2010

Microsotf Office 2010 sekarang ini menjadi pilihan hampir semua orang untuk mengerjakan… ...