Situs Saya / Komputer / Cara Menonaktifkan AVG Antivirus Sebelum Instal Aplikasi Tertentu

Cara Menonaktifkan AVG Antivirus Sebelum Instal Aplikasi Tertentu


Bagaimana cara menonaktifkan AVG Antivirus sebelum menginstal program aplikasi yang dianggap sebagai virus atau dianggap membahayakan oleh komputer? Ini adalah salah satu hal yang sering dialami oleh pengguna AVG Antivirus, di mana pengguna merasa kesulitan menginstal program aplikasi hasil retasan ataupun aplikasi tertentu meskipun legal.

Sebagai salah satu program antivirus top dunia, yang telah membantu mengamankan data jutaan usernya di seluruh dunia, tim development AVG Antirus terus mengupayakan proteksi maksimal terhadap piranti para penggunanya dari serangan malware, virus, dan spyware yang berpotensi merugikan. Namun, kadang upaya tim pengembang AVG Antivirus ini justru membuat antivirus ini terlalu ganas untuk program-program tertentu, khususnya program illegal, bahkan program legal sekalipun kadang dianggap membahayakan, yang pada gilirannya membuat penggunanya merasa frustasi.

Jika Anda pengguna AVG Antivirus, dan mengalami hal serupa, Anda tidak perlu panik. Anda tidak perlu membuang program antivirus Anda. Ada cara mudah untuk mengatasinya, yakni dengan menonaktifkan AVG Antivirus untuk sementara waktu, dan setelah selesai menginstal program aplikasi yang Anda inginkan, Anda dapat mengaktifkan kembali.

 Untuk menonaktifkan antivirus ini, berikut langkah-langkahnya.

1. Jalankan program antivirus Anda, biasanya ada di system tray sebelah kanan bawah seperti terlihat dalam screenshot di bawah ini.

cara menonaktifkan avg antivirus sementara 1

Dari screenshot di atas terlihat, ada empat menu aplikasi aktif yang melindungi komputer Anda, yakni:

a. Computer Protected, adalah produk antivirus dari AVG yang bertugas melindungi komputer Anda dari serangan virus melalui pertukaran file.

b. Web Protected, produk antivirus dari AVG yang bertugas melindungi Anda dari seragangan virus pada website Anda.

c. Identity Protected, adalah produk anti malware yang difokuskan untuk melindungi pencurian identitas seperti password, rincian rekening bank, kartu kredit, dan data-data digital penting lainnya. Dengan demikian, ketika ada aktivitas yang mencurigakan saat Anda surfing, program ini akan mendeteksi dan memblokir secara otomatis.

d. Email Protected, yaitu produk antivirus dari AVG yang bertugas melindungi email Anda dari program-program aplikasi yang diduga mengandung malware atau spyware.

Sementara satu program yang tidak aktif yakni Firewall – untuk mengaktikannya Anda diharuskan upgrade ke versi full – adalah produk antivirus AVG yang bertugas melindungi penggunanya dari serangan jahat saat surfing maupun download di internet.

2. Klik masing-masing menu, kemudian geser tanda disabled dan enabled di bagian tengah ke arah kiri untuk mendisabled (menonaktifkan).

cara menonaktifkan avg antivirus sementara 2

3. Kembali dengan mengeklik tombol panah ke kiri di pojok atas, kemudian lakukan hal yang sama pada menu kedua, ketitga, dan keempat.

4. Selesai

Setelah semua nonaktif, Anda dapat menginstal semua program aplikasi yang dianggap oleh AVG sebagai file yang membahayakan.

Selanjutnya, setelah semua program aplikasi yang dianggap membahayakan komputer Anda sudah terinstal semua, Anda dapat mengaktifkan antivirus Anda kembali dengan langkah-langkah yang sama.

Selamat mencoba.

*ilustrasi: screenshot AVG Antivirus (pribadi)
**gunakan dengan resiko sendiri, pastikan keamanan software yang akan diistal, kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan oleh software tsb.

Penulis: homepage

Foto Profil dari homepage

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Bagi Pengguna MS Word 2010, Wajib Tahu Kelemahan Microsoft Office 2010

Microsotf Office 2010 sekarang ini menjadi pilihan hampir semua orang untuk mengerjakan… ...