Situs Saya / Blogging / Menjadi Top Earner Dengan Optimasi Seo On Page

Menjadi Top Earner Dengan Optimasi Seo On Page

Hallo teman-teman blogesktra, gak nyangka untuk ke sekian kalinya saya menjadi top earner. Memang hasilnya belum seberapa sih, tapi lumayanlah buat nambahin uang jajan, hehe. Ada beberapa hal yang saya lakukan, sehingga membuat saya menjadi top earner beberapa bulan belakangan ini. Untuk menjadi top earner, tentu saja kita harus memiliki artikel dengan views yang banyak. Beberapa artikel yang saya tulis di blogesktra telah mendapatkan views puluhan ribu. Dengan demikian jumlah pengunjung yang meng-klik iklan juga semakin banyak, yang berujung pada earning yang semakin banyak. Lantas teknik apa yang saya lakukan agar artikel yang kita tulis bisa mendapatkan views sampai ribuan? Tenang saja, karena saya akan mengupas lebih dalam teknik-teknik yang saya lakukan.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau google merupakan search engine terbesar saat ini. Untuk itu agar mendapatkan trafik tinggi, tentu setiap artikel yang kita tulis bisa muncul di halaman pertama google saat mengetikan kata kunci tertentu. Teknik optimasi agar artikel kita bisa muncul di halaman pertama google ini kemudian disebut SEO atau Search Engine Optimation. Teknik SEO sendiri terbagi menjadi 2 yakni SEO On Page yaitu optimasi di dalam blog itu sendiri dan SEO Off Page yaitu optimasi di luar blog. Untuk kali saya akan mengupas teknik SEO on page yang saya lakukan pada artikel yang saya tulis di Blogesktra. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Riset Keyword

Banyak para Blogger yang bahkan tidak tau apa keyword yang mereka bidik saat menulis artikel. Untuk mendapatkan views yang banyak tentu artikel yang kita tulis harus “google friendly” agar saat seseorang mengetikan kata kunci tertentu artikel kita bisa muncul di halaman pertama terlebih lagi bisa masuk di baris pertama. Oleh karena itu sebelum kita menulis, kita harus menentukan dulu keyword yang akan kita bidik.

Ada dua hal yang harus kita perhatikan saat akan membidik keyword tertentu yakni jumlah pesaing di search engine dan seberapa popular keyword yang akan kita bidik tersebut. Tanpa dua hal tersebut, tentu saja hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Sebagai contoh misalnya kita akan membidik keyword “membuat tas dari daun singkong”. Oke, saat kita coba mengetikan kata kunci tersebut artikel kita berada di halaman pertama bahkan baris pertama. Tapi kira-kira apakah ada orang yang mengetikan kata kunci tersebut. Permasalah lainya kita tidak memperhitungkan seberapa banyak dan kuat kompetitor di search engine. Misalnya kita akan membidik “ wisata di jogja”. Oke, kata kunci tersebut sangat popular. Namun kita harus menyadari pesaing kita sangat banyak dan kuat, akibatnya artikel yang kita tulis kalah di SERP (search engine result page).

Saya sebenarnya tidak begitu ahli dalam melakukan riset keyword. Yang biasa saya lakukan hanya menggunakan tools dari google sendiri yakni google trends dan google.co.id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka google trends dan set pada wilayah indonesia dan berada dalam 7 hari terakhir. Untuk mencari topik tertentu silahkan tinggal memilih pada menu kategori.
    google trends untuk riset keyword
  2. Lihat pada penelusuran terkait di bagian bawah. Disana terlihat beberapa keyword yang lagi trends 7 hari terakhir di Indonesia.
    daftar keyword trend
  3. Pilih salah satu keyword, dan kemudian buka di google.co.id
  4. Di sana akan terlihat berapa banyak hasil pencarian, seperti yang saya lingkari dibawah ini. Nah biasanya saya membidik keyword dengan hasil pencarian dibawah 500.000.
    keyword potensial
  5. Nah, jika sudah mendapatkan keyword tertentu, tinggal mencari keyword turunannya.
  6. Masih menggunakan google.co.id, ketikan kata kunci tersebut dan tekan spasi lalu diamkan beberapa saat. Maka akan terlihat beberapa keyword turunanya, catat dan sebisa mungkin dimasukan dalam artikel.
    mendapatkan keyword turunan

2. Penempatan Keyword

Setelah memdapatkan keyword yang kita bidik dan beberapa keyword turunanya, kini saatnya dituangkan dalam bentuk artikel. Dari pengalaman saya, google lebih menyukai artikel-artikel dengan keyword diletakan diawal paragraf. Jadi yang saya lakukan adalah menempatkan keyword di awal paragraf pertama, awal paragraf kedua dan akhir artikel. Selain itu masukan beberapa keyword turunan yang kita dapatkan tadi. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu over menggunakan keyword. Karena apapun alasanya, tujuan kita menulis adalah untuk pembaca bukan untuk search engine. Selain itu keyword sebaiknya diletakan di awal judul.

3. Konten Berkualitas

Google akan menyukai artikel yang unik alias tidak copy paste. Jadi misalnya teman-teman menulis ulang dari artikel lain, sebisa mungkin ditulis dengan seunik mungkin dengan gaya bahasa sendiri. Google sendiri memiliki sebuah algoritma yang bernama “google panda”, untuk mendepak artikel-artikel yang tidak berkualitas. Berhubung google panda telah diupdate beberapa waktu lalu, sebaiknya artikel yang anda tulis memiliki minimal 500 kata. Hal ini terbukti dari beberapa blog saya yang saya tulis dengan rata-rata 300 kata visitornya drop, sebaliknya blog saya yang memiliki rata-rata diatas 400 kata setiap artikelnya visitornya langsung naik. Karena alasan ini, mungkin admin juga menyarankan agar artikel di blogekstra ditulis diatas 500 kata.

 

Sebenarnya masih banyak teknik SEO On Page lainya yang bisa dilakukan seperti tag heading, internal backlink dan lainya. Namun setidaknya hanya dengan memperhatikan 3 hal diatas, saya sudah bisa menjadi Top Earning. Sebagai bukti, salah satu artikel saya yang saya tulis dengan keyword “membuat lampu motor lebih terang” berada di halaman pertama google dan telah mendapatkan puluhan ribu views. Berikut buktinya:

hasil serp google

Posisi Artikel di Hasil Pencarian Google

 

statistik view artikel

Statistik Penayangan Artikel

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

2 comments

  1. Foto Profil dari Abdul Cholik

    Terima kasih tipsnya.
    Saya memang kurang melakukan riset keyword
    Salam hangat dari Surabaya

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...