Situs Saya / Blogging / Cara Mempromosikan Artikel Dan Teknik Seo Off Page

Cara Mempromosikan Artikel Dan Teknik Seo Off Page

Alhamdulillah bulan ini masih menjadi Top Earner di Blogeksta. Nah berhubung ada kewajiban untuk membuat tips-tips bagaimana agar bisa mendapatkan earning yang banyak, okedeh kali ini saya berbagai tips saya yang kedua. Sebelumnya pada bulan lalu saya sudah memberikan sedikit tips tentang SEO On Page yang diantaranya bagaimana cara riset keyword yang benar, keyword density, penempatan keyword dan lain sebagainya. Nah setelah artikel selesai dibuat dengan teknik-teknik SEO On Page, apakah trus didiamkan begitu saja? Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentu saja tidak.

tehnik SEO offpage

Teknik SEO Off Page atau optimasi diluar blog tersebut perlu dilakukan. Beberapa teknik SEO Off Page yang saya lakukan diantaranya submit di social media, social bookmark dan membuat contextual link. Selain mendapatkan direct visitor, teknik tersebut bisa meningkatkan posisi artikel kita di SERP atau Search Engine Result Page. Sampai disini ada yang perlu ditanyakan? Kalau masih belum jelas silahkan ditanyakan melalui kolom komentar dibawah. Oke berikut penjelasan lebih lanjutnya

1. Submit di Sosial Media

Saat ini social media seperti facebook, twitter dan lainya seolah sudah menjadi kebutuhan anak muda jaman sekarang. Coba perhatikan siapa sih sekarang yang tidak memiliki akun facebook? Nah hal ini bisa kita manfaatkan untuk menjaring visitor. Anda tinggal share artikel anda di jejaring social tersebut. Biasanya orang akan membuka link yang kita share apabila topiknya sedang trend, judul artikel membuat penasaran, dan lain sebagainya.

submit ke sosial media

2. Submit di Sosial Bookmark

Sosial bookmark biasanya digunakan dalam teknik SEO Off Page. Selain mendapatkan direct visitor, menggunakan social bookmark yang dofollow akan meningkatkan posisi artikel kita di SERP. Mungkin beberapa diantara anda masih bingung apa itu sosbook atau social bookmark ini. Social bookmark adalah sebuah situs yang bisa digunakan untuk menyimpan, mengorganisasi, mengelola sumber daya yang tersedia secara online. Awalnya sosbook ini hanya digunakan untuk menyimpan laman-laman web sehingga memudahkan pengguna untuk membukanya lagi di lain waktu. Namun karena social bookmark ini berpengaruh pada posisi SERP maka kemudian digunakan oleh para praktisi SEO untuk mengoptimalkan blog-blognya. Nah beberapa social bookmark Indonesia yang banyak digunakan diantaranya lintas.me, pulsk.com, infogue.com, populerkan.com dan lain sebagainya. Anda cukup mensubmit artikel anda di blogekstra di situs social bookmark tersebut.

3. Contextual link

Untuk meningkatkan posisi artikel kita di SERP maka salah satu caranya adalah dengan membuat contextual link menuju artikel yang akan kita optimasi. Yang dimaksut contextual link adalah link yang berasal dari sebuah artikel di luar blog tersebut. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, jangan menggunakan sembarang blog untuk membuat contextual link. Blog dengan domain ac.id sangat efektif untuk membuat contextual link, dan itu sudah saya buktikan sendiri. Secara logika, domain ac.id adalah untuk pendidikan sehingga wajar jika di perhitungkan oleh google. Konon satu domain ac.id lebih bagus dari 100 domain .com. Biasanya setiap kampus telah menyediakan student blog dengan ekstensi ac.id. Nah hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuat contextual link, berikut langkah-langkahnya

  • Buat artikel minimal 400 kata yang relevan dengan artikel kita yang akan di optimasi.
  • Beri link menuju artikel kita menggunakan anchor text pada keyword yang kita bidik
  • Agar terlihat lebih natural beri juga link menuju wikipedia.
  • Beri satu gambar yang relevan
  • Publish dan tunggu hasilnya 1 minggu kemudian

*artikel ini merupakan kiriman dari Top Earner November 2014

Foto Profil dari Himawan Ardhi Suhendra
seorang blogger yang masih "newbie" dan selalu ingin menjadi "newbie". Karena dengan menjadi "newbie" kita tidak akan sombong dan selalu ingin belajar hal-hal baru.

Tinggalkan Balasan

x

Check Also

Blogger Ramadhan

6 Tips Ngeblog Saat Bulan Puasa Ramadhan

Selamat siang belovers.. Dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Karena ...